Jangan Sepelekan 4 Bahaya Terlalu Sering Mengucek Mata

Hai, Ladies!

Saat mata terasa gatal atau perih, tangan kita secara otomatis akan langsung menguceknya. Tanpa kita sadari, tindakan ini bisa membahayakan kesehatan, apalagi jika dilakukan terlalu sering dan terlalu kuat.

Apa saja sih bahaya yang timbul jika Ladies salah mengucek mata? Yuk, kita simak ulasannya!


1. Saraf Mata Terganggu

Tekanan akibat terlalu sering mengucek mata bisa mengganggu saraf mata. Jika dilakukan terlalu sering dan terlalu lama, aliran darah di belakang mata bisa terganggu dan akhirnya berdampak pada kerusakan saraf mata. 
Mengucek mata bisa merangsang keluarnya cairan kornea mata. Glaukoma terjadi ketika tekanan di dalam mata bertambah tinggi akibat cairan bening kornea dan lensa mata tertahan.

Kebanyakan penderita glaukoma tidak mengalami rasa sakit sebelumnya. Mereka baru menyadarinya setelah mengetahui ada titik buta pada penglihatan. Oleh karena itu, banyak dijumpai pasien dengan glaukoma yang terlanjur parah, bahkan sampai mengalami kebutaan.


2. Kornea Mata Menjadi Tipis

Sering mengucek mata dapat menyebabkan keratoconus, yaitu penipisan dan perubahan bentuk kornea mata. Dalam kondisi yang serius, keadaan ini akan membuat penglihatan mengalami distorsi. Untuk mengatasinya, diperlukan pencangkokan atau transpalansi kornea baru.


3. Menyebabkan Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Kebiasaan mengucek mata dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah kecil yang mengelilingi mata. Lama-kelamaan, akan terbentuk efek bayangan pada penglihatan, mata akan telihat lelah, dan muncul lingkaran hitam di bawah mata.


4. Kebutaan

Kebutaan adalah kondisi saat mata tidak mempunyai daya penglihatan lagi. Kebutaan bisa terjadi karena beberapa faktor, antara lain glaukoma, katarak, atau infeksi mata lainnya. Air mata yang keluar saat kita mengucek mata memang bisa membersihkan mata. Namun, jika tangan kita kotor, alih-alih bersih, mata kita bisa terinfeksi kuman.

Mengucek mata tetap boleh dilakukan asalkan tidak berlebihan. Beberapa tindakan bisa dilakukan untuk menghilangkan kebiasaan ini. Gunakan tisu basah untuk mengurangi rasa gatal di mata. Berusahalah untuk tidak mengucek mata saat bangun tidur. Jika mata memerah, kering, mengalami iritasi, dan gatal, obati dengan obat tetes mata. Cobalah untuk menghindari pemicu stres karena di saat stres, kita sering tidak sadar mengucek mata. 

Ladies, mata merupakan salah satu organ vital yang harus kita jaga. Jangan sampai karena kebiasaan mengucek mata, kita menyesal seumur hidup.

Related posts

Leave a Comment