6 Cara Jitu Mengatur Gaji Bulanan agar Tak Habis saat Tengah Bulan

Hai, Smart Ladies!


Sebagian dari kita terkadang mengalami kesulitan mengatur gaji bulanan. Tak jarang, kita sudah kehabisan uang sebelum pertengahan bulan. Hal ini bisa terjadi karena penghasilan tidak dikelola dengan cermat dan pintar.
Lalu, bagaimana cara mengatur keuangan agar kantong Ladies tidak kosong sebelum akhir bulan?

Berikut adalah cara jitu mengelola gaji bulanan. Yuk, simak ulasannya!


1. Membuat Anggaran Bulanan


Mulailah dengan merencanakan anggaran bulanan. Langkah pertama, Ladies bisa membuat daftar pengeluaran bulanan dan membaginya menjadi dua bagian. Daftar pertama berisi kebutuhan primer, seperti biaya untuk makan, transportasi, pulsa, cicilan, tagihan listrik, air, dan lainnya yang rutin dikeluarkan setiap bulan. Daftar kedua berisi catatan selain kebutuhan pokok, di antaranya anggaran untuk berbelanja, rekreasi, atau menonton film di akhir pekan.


2. Menyisihkan Gaji untuk Tabungan


Biasanya, uang yang ditabung adalah sisa gaji di akhir bulan. Sebaiknya, Ladies mengubah kebiasaan ini. Cobalah menyisihkan dahulu sebagian gaji untuk disimpan sebelum dibelanjakan. Hal ini dapat menekan pengeluaran-pengeluaran yang tidak penting dan bermanfaat jika mengalami keadaan darurat. Anggaplah aktivitas menabung sebagai kewajiban.


3. Segera Membayar Tagihan Rutin


Ketika mendapatkan gaji, bayarlah semua tagihan bulanan terlebih dahulu, misalnya tagihan listrik, telepon, air, cicilan, dan lain-lain. Dengan demikian, kita akan merasa lebih tenang mengatur pengeluaran bulanan lainnya. 


4. Memiliki Rekening Tabungan Terpisah


Alangkah lebih baik jika Ladies memiliki minimal dua rekening tabungan agar pengelolaan keuangan lebih terarah. Satu rekening digunakan untuk pengeluaran rutin, misalnya berbelanja dan membayar tagihan, sedangkan rekening yang lain dimanfaatkan untuk menabung. Dengan cara ini, tabungan Ladies akan lebih terjaga. 


5. Mencatat Pengeluaran

 
Sebelum membuang nota belanja, catatlah pengeluaran yang sudah dilakukan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mengetahui barang apa saja yang sudah dibeli. Di samping itu, kita juga dapat menganalisis jenis barang yang dibeli tersebut benar-benar diperlukan atau tidak.


6. Melakukan Evaluasi 


Langkah terakhir, Ladies bisa mengevaluasi catatan yang sudah dibuat untuk mengetahui apakah pengeluaran lebih besar daripada pemasukan. Jika lebih besar pasak daripada tiang, ini saatnya Ladies mawas diri. Belilah barang sesuai kebutuhan, jangan mengikuti keinginan.

Sudah sepatutnya kita mengelola penghasilan secara teliti dan disiplin agar kondisi keuangan tetap sehat. Awalnya, hal ini mungkin terasa berat dan rumit, tetapi kelak Ladies dapat menikmati manfaatnya. Bijak menggunakan gaji merupakan salah satu cara menghargai usaha dan kerja keras kita.

Related posts

Leave a Comment