4 Bahaya Menyambung Bulu Mata

Halo, Smart Ladies!

Rata-rata wanita bermimpi memiliki bulu mata yang panjang, lentik, dan tebal. Karenanya, mereka rela melakukan apa saja untuk membuat bulu mata nyaris sempurna.

Penggunaan maskara memang dapat membantu, tetapi kita membutuhkan waktu dan kesabaran saat memasangnya. Sebagai solusinya, muncullah tren penyambungan bulu mata sebagai salah satu solusi pilihan. Cara ini memang lebih praktis. Namun, tahukah Ladies tentang bahaya menyambung bulu mata?

1. Mata Bisa Terluka

Penyambungan bulu mata bisa mengakibatkan mata kita terluka oleh virus dan bakteri pada bulu mata palsu yang direkatkan. Luka tersebut bisa menyebabkan peradangan yang biasa disebut konjungtivitis.

Pada tingkat keparahan yang tinggi, konjungtivitis akan memengaruhi kualitas penglihatan. Dikutip dari Medical Daily, pernah terjadi satu kasus bulu mata masuk ke dalam mata dan sulit dikeluarkan karena telah menempel pada permukaan mata.

2. Bulu Mata Rontok

Beratnya bulu mata hasil sambungan lebih berat dari bulu mata asli sehingga menyebabkan bulu mata asli rontok. Orang yang mempunyai akar bulu mata kurang kuat bisa mengalami kerontokan permanen atau alopecia traksi. Bulu matanya memang terlihat tebal dari luar, tetapi bulu mata aslinya telah menipis.

3. Iritasi dan Alergi

Bagi Ladies yang memiliki kulit sensitif, penyambungan bulu mata bisa menimbulkan iritasi. Alergi ditandai dengan mata memerah serta timbulnya bintik-bintik seperti jerawat pada kelopak mata.

Ladies perlu berhati-hati saat memutuskan untuk menyambung bulu mata. Iritasi yang ditimbulkan biasanya tergantung pada kualitas perekat yang dipakai. Bahan kimia sejenis formaldehida ditemukan pada perekat bulu mata sambungan yang beredar di pasaran.

4. Dilarang Agama

Beberapa ulama memakruhkan pemakaian bulu mata palsu. Namun, banyak juga ulama yang mengharamkannya karena serupa dengan menyambung rambut. Menurut pendapat kedua, menyambung rambut termasuk tindakan yang dilaknat Allah dan wajib dihindari.

“Allah melaknat al-washilah (orang yang menyambung rambut) dan al-mustaushilah (orang yang meminta disambungkan rambutnya).” (HR. Bukhari dan Muslim).

Tampil cantik dengan bulu mata indah memang menyenangkan. Namun demikian, jangan sampai Ladies menyambung bulu mata hanya karena mengikuti tren. Dengan mengetahui empat bahaya di atas, semoga kita bisa lebih waspada dan tidak sembarangan mempercantik diri. Yakinkan, cara yang kita pilih benar-benar aman dari sisi.kesehatan dan agama. Cantik itu tidak harus palsu, ya, Ladies!

Related posts

Leave a Comment