Mengulik Keunikan Bunga Api Irian yang Mirip Kuku Macan

Halo, Smart Ladies!

Bunga api Irian adalah bunga yang berwarna jingga atau oranye layaknya warna api. Bunga ini berasal dari Papua Nugini atau Pulau Irian sehingga dikenal dengan bunga api Irian. 


Bunga ini menggantung ke bawah dari pohon yang tumbuh merambat. Tanaman hias ini mempunyai nama ilmiah Mucuna bennetti.
Ladies, mari kita ulik keunikan bunga api Irian ini.


1. Tanaman Penutup Pagar

Tanaman hias ini sangat baik bila ditanam di daerah dataran rendah dan beriklim panas. Tanaman yang membutuhkan sinar matahari sepanjang hari dan disiram dua kali sehari ini ditanam untuk menutupi pagar dan pergola karena tumbuh merambat. Saat berbunga, tanaman ini menunjukkan pesona warna api yang menawan sehingga terlihat gagah saat merambat di pagar.


Bunga api Irian dapat tumbuh dengan baik pada tanah yang subur dengan air yang cukup. Jika kita merawatnya dengan baik, bunga api Irian ini dapat berbunga beberapa kali dalam sebulan. Pengembangbiakan tanaman hias ini dilakukan dengan cara menanam bijinya, mencangkok, dan stek batangnya.


2. Indah, tetapi Tidak Wangi

Bunga api Irian sering disebut juga dengan bunga kuku macan karena bentuknya mirip kuku macan. Uniknya, walau indah, bunga ini tidak mengeluarkan aroma wangi sama sekali sehingga penyerbukan bunga ini dilakukan kelelawar pada malam hari. Bunga ini tumbuh berkelompok dan panjangnya bisa mencapai 40 cm.


3. Bulunya Membuat Gatal

Saat menyentuh bunga ini, kita harus berhati-hati terhadap bulu-bulu yang terdapat pada tanaman ini. Terkadang, bulunya dapat menimbulkan rasa gatal pada kulit. Penduduk di Nigeria Timur sering mengonsumsi biji tanaman bunga api Irian. Sebelum dimakan, bunga ini direndam terlebih dahulu.


Beberapa penelitian menunjukkan tanaman ini juga dapat dijadikan sebagai obat berbagai penyakit, seperti bengkak, demam, sakit kulit, dan cacingan. Namun, sayangnya belum banyak orang yang tahu khasiat bunga api Irian ini.

Nah, Ladies, tanaman di Indonesia memang sangat kaya dan beragam. Keberadaan bunga api Irian semakin menambah wawasan kita tentang tanaman negeri ini. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar utama : bibitbunga.com

 

Yutaka Latifah

Provokator Kebaikan, inisiator Sedekah Nasi Rombongan Purbalingga, Penulis, Relawan, dan Abdi negara
Yutaka Latifah

Related posts

Leave a Comment