Hindari Bertransaksi dengan Kartu Debit di Tempat-Tempat Ini

Halo, Smart Ladies.

Saat ini kita hidup di zaman yang semakin canggih saja. Salah satu kecanggihannya adalah kita bisa melakukan transaksi nontunai hanya dengan menggesek kartu debit. Kita bisa menggunakan kartu debit untuk membeli sesuatu, membayar tagihan makanan, dan masih banyak lagi.

Namun, dari segi risiko, penggunaan kartu debit untuk transaksi bisa dibilang kurang aman, bahkan rentan menjadi sumber kejahatan atau penipuan. Ladies yang ingin melakukan transaksi kartu debit wajib mengetahui tempat-tempat yang sebaiknya dihindari saat akan menggunakannya. Berikut ini beberapa tempat tersebut.

1. Pom Bensin

Membayar tagihan bensin atau solar dengan menggunakan kartu debit memang mempermudah transaksi. Namun, perlu Ladies ketahui, keamanannya sangat kurang karena kartu kita bisa dijiplak dengan mudah oleh oknum penjahat. Bahkan, mereka bisa dengan mudah mengetahui informasi yang ada di dalamnya, seperti nominal uang dan sebagainya. Jadi, kalau Ladies hanya ingin membeli bensin, ada baiknya membayar tunai saja.

2. Mesin ATM yang Berada di Luar Ruangan 

Biasanya, keberadaan mesin ATM berada dalam satu ruangan khusus, tetapi kita juga bisa menemukan mesin ATM yang berada di luar, seperti di toserba, swalayan, atau minimarket. Sayangnya, kehadiran outdoor ATM kurang aman karena jarang terpantau. Akibatnya, bisa saja kartu kita diretas dan nominal yang ada di dalamnya diambil hingga kosong oleh oknum penjahat. Nah, Ladies harus lebih berhati-hati saat mengambil uang di outdoor ATM.

3. Restoran

Saat ini, kita tidak perlu repot-repot mengeluarkan uang untuk membayar tagihan makan di restoran. Meski begitu, kita wajib memilih restoran yang benar-benar aman dan mampu menjaga rahasia yang ada di dalam kartu debit. Pasalnya, bisa saja informasi yang ada di kartu kita diretas oleh mereka. Sebelum itu terjadi, pastikan dulu keamanan restoran yang kita pilih.

4. Tempat yang Memiliki Self Service

Salah satu tempat yang memiliki self service adalah mesin tiket transportasi umum, misalnya mesin parkir. Biasanya, alat yang digunakan bisa langsung memindai kartu debit kita, termasuk mencatat informasi penting dan rahasia yang ada di balik kartu. Oleh karena itu, sebaiknya Ladies membayar dengan cara tunai saja jika hanya sekadar membayar parkir atau tiket transportasi.

Nah, Ladies, inilah beberapa tempat yang harus kita waspadai saat melakukan transaksi nontunai menggunakan kartu debit. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment