Tips Membuat Bakso yang Enak, Kenyal, serta Aman untuk Camilan Keluarga

Halo, Smart Ladies.

Bakso merupakan salah satu makanan favorit orang Indonesia. Rasanya yang gurih dengan tekstur kenyal membuat ketagihan banyak orang. Sayangnya, tidak semua penjual berlaku jujur. Banyak pedagang menggunakan bahan-bahan yang tidak seharusnya seperti pengawet dan bahan kimia lainnya. Supaya aman, Ladies bisa membuat pentol sendiri dengan beberapa tips di bawah ini.

1. Pilihlah Daging yang Sesuai Jenis Pentol

Sebelum memilih jenis daging, kita wajib menentukan jenis bakso, misalnya mau yang kasar atau halus. Jika kita akan membuat bakso yang halus, sebaiknya memilih daging bagian tanjung, rump, atau limas. Namun, dari semua bagian tersebut, yang paling baik adalah bagian paha karena otot dan lemaknya sedikit. Adapun jika kita ingin membuat bakso kasar atau berurat, bisa menggunakan daging sapi di bagian kisi atau sengkel.

2. Pilihlah Bagian Dada untuk Bakso Ayam

Kunci agar bakso daging ayam terasa kenyal dan lezat terletak pada filet bagian dada. Untuk daging ayam, usahakan menggunakan daging yang masih segar sehingga hasilnya optimal. Ciri-ciri daging ayam yang segar adalah aroma segar khas ayam masih ada, tidak lengket, dan warnanya cerah putih kekuningan.

3. Pilih Daging Kakap untuk Bakso Ikan 

Untuk membuat bakso ikan, pilihlah jenis ikan kakap atau yang memiliki daging berwarna putih, seperti dori, gabus, tuna, tenggiri, dan masih banyak lagi. Agar hasil maksimal, kita harus memilih ikan yang segar dan memiliki sedikit kandungan air. Ciri-cirinya adalah memiliki tekstur daging yang kenyal, insang masih terlihat merah dan segar, serta mata menonjol.

4. Gunakan Food Processor untuk Mengolah Daging

Ladies, food processor merupakan alat yang paling efisien untuk mengolah daging dalam jumlah banyak. Alat ini dibutuhkan untuk menggiling daging sekaligus dapat mencampurkan bumbu. Proses pengerjaannya pun terbilang singkat, hanya 8-10 menit. Namun, jika tidak memiliki alat tersebut, kita bisa melakukan proses pengolahan dengan cara manual. Meski cukup merepotkan, jangan khawatir karena hasilnya juga bisa tidak kalah bagus.

5. Gunakan Es Batu atau Air Dingin Saat Mengolah Daging

Putaran mesin food processor berdampak pada kualitas daging. Kita harus menyiapkan es batu agar suhu daging tetap normal dan kualitas terjaga. Es batu juga berfungsi sebagai pengerat serat daging agar tidak lembek dan mudah dibentuk. Jika tak ada es batu, bisa diganti dengan 50 ml air dingin.

6. Gunakan Putih Telur Agar Adonan Kalis dan Elastis

Ladies cukup menambahkan putih telur agar adonan yang sudah siap dibentuk bisa merekat dan kenyal. Jangan lupa, celupkan tangan ke dalam air dingin supaya tidak lengket saat membentuk. Lalu, campurkan tepung tapioka secara bertahap agar adonan tidak menggumpal. Jangan lupa, uleni secara berkala dan remas sampai kalis.

7. Gunakan Api Kecil

Tahap akhir adalah merebus bakso dengan api kecil sampai mengapung, hal ini untuk menjaga air dalam kondisi panas tetapi tidak membuat air tersebut mendidih. Kemudian angkat dan celupkan ke dalam air dingin. Bakso yang dimasukkan ke freezer dapat tahan 1-2 bulan dengan cara disimpan dalam wadah kedap udara. Jika ingin digunakan, cukup rendam air hangat terlebih dahulu.

Nah, dengan tips ini, kita bisa membuat bakso yang enak untuk keluarga. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment