Tips Cantik Menghadapi Masalah

Halo, Smart Ladies!

Kehidupan berjalan mengikuti kehendak Allah Yang Maha Kuasa. Setiap manusia menginginkan takdir baik untuk dirinya. Namun, adakalanya proses hidup harus menemui masalah.

Ujian hidup sejatinya adalah proses Allah untuk mendewasakan dan menaikkan derajat manusia. Setiap masalah yang Allah berikan selalu diiringi jalan keluarnya. Nah, Ladies, berikut tips cantik untuk menepis galau dalam menghadapi masalah hidup.

1. Rileks

Masalah terkadang membuat emosi seseorang meninggi, bahkan tak terkendali. Kemarahan pun tak dapat dihindari akibat masalah yang menumpuk. Akhirnya, persoalan kita justru tak terpecahkan karena pikiran sudah dipenuhi amarah.


Ladies, untuk meredakan amarah, tuntunan Islam mengajarkan untuk mengambil posisi duduk apabila saat marah kita sedang berdiri. Hendaknya kita berbaring jika saat marah dalam keadaan duduk atau mengambil air wudu untuk mendinginkan emosi. Setelah itu, pikiran akan jernih kembali sehingga kita bisa menyelesaikan masalah.

2. Menerima Kenyataan

Kita tidak dapat mengelak dari ujian yang diberikan oleh Allah Swt. Oleh karena itu, hadapilah kenyataan itu. Masalah bukanlah ilusi dan bukan imajinasi. Masalah di depan mata harus diselesaikan, bukan untuk dihindari. Cobaan dapat menjadikan kita kuat untuk menjalani kehidupan. Bahkan, tak jarang masalah bisa menjadi guru terbaik bagi Ladies.

3. Merumuskan Masalah

Kita bisa menggunakan rumus 5W1H untuk menyelesaikan masalah. Ladies pasti sudah mengenal metode tersebut. Huruf W yang pertama adalah what (apa). Ladies harus mengetahui pokok permasalahan yang sedang dihadapi. Huruf W kedua adalah who (siapa), artinya kita sebaiknya mencari tahu siapa saja yang terlibat dalam persoalan. Huruf W yang ketiga adalah why (mengapa), hendaknya kita mencari penyebab permasalahan. Selanjutnya, huruf W merupakan singkatan dari when (kapan) dan where (di mana), artinya adalah kita harus menyelidiki waktu dan tempat terjadinya perkara. Huruf H adalah singkatan dari how (bagaimana). Ladies harus mengetahui kronologis sebuah masalah. Mudah, ‘kan?

4. Menentukan Solusi

Setelah kita merumuskan dan menemukan akar permasalahan maka akan mudah menemukan solusinya. Ladies juga bisa meminta bantuan kepada seorang teman. Masalah hidup berasal dari Allah Swt. maka hendaknya kita juga memohon jalan keluar terbaik kepada-Nya karena Dia adalah penolong terbaik.

5. Tidak Menunda

Ladies jangan pernah menunda menyelesaikan masalah karena akan semakin membebani diri. Akibatnya, kita akan malas berkarya dan prestasi menurun.

Demikian tips yang dapat diterapkan ketika kita menghadapi permasalahan hidup. Untuk Ladies yang sedang bermasalah, semoga lekas mendapatkan solusi terbaik, ya.

Yutaka Latifah

Provokator Kebaikan, inisiator Sedekah Nasi Rombongan Purbalingga, Penulis, Relawan, dan Abdi negara
Yutaka Latifah

Related posts

Leave a Comment