Bercanda Juga Ada Normanya, Lo! Yuk, Kita Lihat Apa Sajakah Itu

Hai, Smart Ladies!

Bersenda gurau atau bercanda dengan teman-teman dekat dapat menghilangkan penat sesaat. Hidup yang kadang menjenuhkan akibat tuntutan pekerjaan, jalanan macet, atau hasil yang tidak sesuai harapan sering kali membuat kita merasa bad mood atau stres. Sementara itu. kita sangat membutuhkan perasaan enjoy, dan bercanda dengan teman menjadi salah satu penawarnya.

Namun, bercanda juga harus memperhatikan norma atau aturan yang ada. Lantas, apa sajakah norma bercanda itu? Berikut beberapa aturannya.

1. Tujuan Bercanda Harus Jelas

Walaupun bercanda, Ladies harus tetap memiliki tujuan melakukan hal tersebut. Hal ini diperlukan agar tujuan bercanda tersebut sesuai harapan, yaitu menghibur atau berbagi kebahagiaan, bukan malah merundung atau menyakiti orang lain.

2. Melihat Situasi dan Kondisi

Agar candaan yang kita niatkan untuk menghibur tidak menyakiti orang lain, Ladies harus mengetahui situasi dan kondisinya terlebih dahulu. Hindari bercanda pada saat sedang serius, seperti sedang belajar, mengajar, atau rapat. Bercanda pada saat sedang berkabung atau terkena musibah juga harus dihindari. Jangan sampai, hal-hal yang menyedihkan dijadikan bahan candaan seolah-olah tengah bergembira di atas penderitaan orang lain. Oleh karena itu, sebelum mengeluarkan candaan kepada orang lain atau khalayak umum, sebaiknya melihat situasi dan kondisi terlebih dahulu.

3. Hindari Candaan yang mengandung SARA

Candaan yang berkaitan dengan SARA juga harus dihindari. Ini akan sangat berbahaya karena dapat membuat seseorang berurusan dengan pihak berwajib. Apa pun yang terkait SARA memang sangat sensitif di negeri ini, apalagi untuk candaan. Sedapat mungkin, hindari candaan yang berkaitan dengan suku, ras, dan juga agama.

4. Hindari Candaan yang Berisi Hinaan

Hindarilah candaan yang berisi hinaan atau mengolok-olok kekurangan fisik seseorang. Sebaiknya, pikirkan kembali jika akan bercanda dengan sesuatu yang mengandung unsur menghina atau mengejek. Seharusnya, kita menjaga perasaan orang lain karena tiada manusia yang sempurna.

5. Memperhatikan Karakter Lawan Bicara

Sebelum bercanda, sebaiknya kita mengenali karakter yang melekat pada seseorang yang kita ajak bercanda. Setiap orang mempunyai karakter yang berbeda, tidak semua orang suka bercanda, ada yang pembawaannya serius, mudah baper, atau tersinggung.

Itulah lima norma bercanda yang harus kita pahami. Jangan sampai saat kita bercanda, justru timbul permasalahan yang seharusnya tidak terjadi.

Semoga bermanfaat

Purwani Wijayanti

Penulis konten writer, Mak Comblang Joeragan Artikel (JA), Marketing Penerbitan, PJ sekaligus editor antologi anak mondok JA, dan masih ngantor.
Purwani Wijayanti

Related posts

Leave a Comment