Selain untuk Diri Sendiri, Ternyata Kurban Juga Bermanfaat untuk Orang Lain, Lo!

Kurban merupakan salah satu ibadah dalam agama Islam yakni dengan menyembelih hewan ternak sebagai perwujudan pengorbanan umat muslim. Pelaksanaan ibadah ini dilakukan di bulan Zulhijah setiap tahunnya.

Kurban bermakna rela menyerahkan harta yang dimilikinya, semata-mata sebagai bentuk ketauhidan kepada Allah Swt.
Menjalankan ibadah kurban tentu saja menuai banyak hikmah dan manfaat, tidak saja untuk diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain. Lantas, apa saja manfaat kurban? Mari kita simak pemaparan berikut.


Manfaat untuk Diri Sendiri


1. Menyucikan Rezeki

Rezeki yang kita terima tidak mutlak hanya milik kita. Di sebagian harta yang kita punya, ada hak orang lain yang membutuhkan. Menyucikan rezeki dapat dilakukan dengan bersedekah. Ibadah kurban merupakan sedekah dalam artian yang lebih luas karena melibatkan orang lain yang ikut merasakan kebahagiaan atas pembagian daging kurban.


2. Memupuk Rasa Empati

Hikmah berkurban yang lain adalah memupuk rasa empati atau kepedulian kita kepada sesama. Bisa jadi, orang yang menerima daging yang kita kurbankan tidak selalu dapat makan daging setiap hari. Betapa bahagianya kita bila dapat berbagi daging kurban kepada kaum yang tidak mampu.


3. Meningkatkan Ketakwaan kepada Allah Swt.

Perintah mengorbankan anak kesayangannya merupakan ujian dari Allah Swt. kepada Nabi Ibrahim untuk membuktikan bahwa beliau sungguh-sungguh mencintai rabb-nya (rabb italic).
Demikian juga dengan ibadah kurban, diperintahkan kepada kita untuk menumbuhkan dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah Swt. Diharapkan, kita nantinya akan memiliki iman yang kuat dan tidak mudah mengikuti hawa nafsu.


4. Bekal Pahala di Hari Akhir

Rasulullah saw. bersabda,
Muliakanlah kurbanmu karena ia menjadi tungganganmu di titian (shirat) pada hari kiamat.” (HR Al- Tarmuzi, Ibn Majah, dan Al-Hakim).
Kurban merupakan salah satu amalan baik yang akan dicatat malaikat dan akan mendapat pahala yang setimpal. Pahala inilah yang nantinya akan menjadi penyelamat kita di akhirat kelak.


Manfaat untuk Orang Lain


1. Menjaga Tali Silaturahmi dan Kebersamaan

Berkurban tentu saja tidak dapat dikerjakan sendiri, tetapi membutuhkan bantuan orang lain, mulai dari penyembelihan sampai pembagian daging. Pada hari itu, dibutuhkan kerja sama dan kebersamaan untuk berbagi kebahagiaan dengan sesama.


2. Menjaga Budidaya Hewan Ternak

Ketersediaan hewan ternak di Indonesia, seperti kambing, domba, dan sapi sangat penting dalam ibadah kurban. Inilah salah satu manfaat berkurban, yakni akan membantu meningkatkan produktivitas di bidang peternakan, mulai penyediaan, penyembelihan, sampai pendistribusian daging hewan.


Itulah paparan singkat manfaat berkurban, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Semoga bermanfaat.

Purwani Wijayanti

Penulis konten writer, Mak Comblang Joeragan Artikel (JA), Marketing Penerbitan, PJ sekaligus editor antologi anak mondok JA, dan masih ngantor.
Purwani Wijayanti

Related posts

Leave a Comment