Makanan Khas Kuliner “Republik Ngapak”

“Republik Ngapak” adalah sebutan untuk daerah yang berbahasa Ngapak. Wilayah yang berada di “Republik Ngapak” antara lain Tegal, Banyumas, Cilacap, Banjarnegara, Kebumen, dan Purbalingga.


Tiap-tiap daerah tersebut mempunyai kuliner dan makanan khas yang berbeda. Makanan khas itu sudah dikenal hingga ke penjuru tanah air dan selalu menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung. Berikut makanan khas di “Republik Ngapak”


1. Banyumas

Kabupaten ini adalah kabupaten yang paling terkenal di antara kabupaten lain di wilayah “Republik Ngapak”. Banyak daerah wisata serta makanan yang enak dan lezat berasal dari Banyumas. Sroto sokaraja adalah makanan sejenis soto dengan ketupat, mi, irisan daging ayam atau sapi dengan kuah yang sedap ditambah sambal kacang menjadi favorit disini. Selain sroto ada juga mendoan dan getuk goreng yang selalu dijadikan oleh-oleh untuk keluarga.


2. Purbalingga

Kabupaten Purbalingga adalah tempat dilahirkannya Jenderal Sudirman. Makanan khas daerah ini hampir sama dengan Banyumas namun ada juga yang berbeda.

Salah satunya adalah sroto klamud alias sroto kelapa muda. Sroto ini dimasukkan kedalam tempurung kelapa, sehingga kuah dan air kelapa berpadu bersama kelapa mudanya. Rasanya aduhai dan enak di lidah.


3. Banjarnegara

Kabupaten ini terkenal dengan minuman menyegarkan yang disebut Dawet Ayu Banjarnegara. Hampir semua orang tahu bahwa dawet yang enak yang berasal dari Banjarnegara.

Dawet dari beras asli yang diolah dengan pandan hijau menghasilkan dawet alami. Saat disuguhkan diberi kuah santan dan air gula kelapa asli dan irisan nangka semakin menambah kelezatan “dawet ayu Banjarnegara”.


4. Cilacap

Wilayah ini lebih banyak pantainya sehingga makanan ciri khas daerah ini adalah olahan ikannya. Beberapa di antaranya adalah kerupuk tenggiri, abon ikan, serta makanan laut yang langsung diolah di tempat wisata menjadi andalan kabupaten Cilacap.


5. Kebumen

Wilayah Kebumen hampir sama dengan Cilacap yang lebih banyak pantainya. Makanan khas yang paling banyak dari Kebumen adalah Kutug Goreng. Kutug Goreng adalah sejenis udang yang digoreng kering menjadikan cemilan yang gurih dan lezat. Klanting adalah ketela yang digoreng membentuk angka delapan. Rasa Klanting gurih dan renyah menambah kenikmatan saat bersantai. Klanting dari Kebumen terkenal dengan warna merah muda dan putih serta renyah dan gurih. 

Nah Ladies, jangan lupa jika berkesempatan untuk jalan-jalan ke ” Republik Ngapak” untuk membeli makanan khas tersebut. Semoga bermanfaat.

Sumber : katalogwisata.com

Yutaka Latifah

Provokator Kebaikan, inisiator Sedekah Nasi Rombongan Purbalingga, Penulis, Relawan, dan Abdi negara
Yutaka Latifah

Related posts

Leave a Comment