5 Manfaat Positif Membaca Buku yang Wajib Ladies Ketahui

Hai, Smart Ladies!

 

Kegiatan membaca di Indonesia dapat dikatakan masih minim karena kebanyakan dari kita lebih suka melihat tayangan visual. Padahal, dengan membaca, Ladies tidak sekadar mendapatkan ilmu pengetahuan, tetapi juga dapat melihat dunia lebih luas. Ladies tidak harus membaca buku berbahasa berat dan berhalaman tebal. Membiasakan membaca dapat diawali dengan bacaan ringan yang kalimatnya mudah dipahami. Lantas, apa manfaat positif yang akan kita petik dengan membaca?


Nah, berikut ini adalah lima manfaat positif dari membaca buku:

1. Menambah Wawasan, Pengetahuan, dan Kecerdasan

Membaca dapat menambah informasi baru yang selama ini belum pernah Ladies dapatkan. Semakin banyak pengetahuan dan wawasan maka Ladies lebih siap mengatasi tantangan hidup yang akan dihadapi. Ilmu pengetahuan merupakan hal yang tidak akan pernah hilang. Selain dapat menambah wawasan dan pengetahuan, membaca buku sejak dini juga dapat meningkatkan kecerdasan.

2. Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Otak juga memerlukan olahraga layaknya tubuh manusia. Lantas, olahraga apa yang cocok untuk otak? Menjaga agar fungsi kognitif otak berupa kemampuan daya ingat dan konsentrasi dapat dilakukan dengan membaca buku. Membaca buku akan melatih, bahkan meningkatkan fungsi kognitif tersebut. Membaca buku secara rutin akan membantu pikiran untuk mengolah memori dan fokus terhadap suatu hal.

3. Memperkaya Kosakata

Orang-orang yang pandai berbicara menggunakan kosakata yang bagus biasanya mereka gemar membaca buku. Dalam buku yang berbeda, terkandung kosakata yang beragam pula. Semakin sering membaca maka kosakata yang didapat pun semakin banyak.

4. Ketrampilan Menulis yang Lebih Baik

Jangan menyepelekan kegiatan membaca, apalagi jika Ladies adalah seorang penulis. Kemampuan merangkai kalimat yang baik dan benar dapat diperoleh dari membaca beragam buku. Gaya pengarang sebuah buku dapat memengaruhi genre karya masing-masing penulis. Semakin bertambah kosakata dengan membaca maka kualitas tulisan Ladies semakin baik, bahkan mungkin bisa lebih bagus dari buku yang telah dibaca.

5. Mengurangi Tingkat Stres

Masalah pekerjaan, kemacetan, keluarga, bahkan hal sepele dapat mengakibatkan stres. Kebanyakan dari kita mengurangi stres dengan menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan, menonton film, atau mendengarkan musik. Padahal, jika Ladies memilih membaca buku, stres dapat berkurang secara signifikan. Alasannya, imajinasi dapat ditumbuhkan dengan membaca. Ladies dapat terbawa emosi oleh kisah sebuah cerita sehingga dapat melupakan stres yang mendera.

 

Membaca buku berbeda dengan membaca majalah atau koran. Kelebihan membaca buku adalah isinya dapat mengikat serta mudah membaur dengan pikiran Ladies. Sebuah buku dapat menyajikan banyak manfaat secara kognitif. Nah, Ladies, melihat begitu besarnya manfaat membaca buku, masihkah enggan memulainya?

Purwani Wijayanti

Penulis konten writer, Mak Comblang Joeragan Artikel (JA), Marketing Penerbitan, PJ sekaligus editor antologi anak mondok JA, dan masih ngantor.
Purwani Wijayanti

Related posts

Leave a Comment