Minuman Sehat untuk Atasi Dehidrasi saat Cuaca Panas

Halo, Smart Ladies!

Saat ini, cuaca sering kali berubah-ubah, bahkan terkadang terik menyengat. Kulit menjadi hitam, tenggorokan pun kering. Suhu tubuh ikut naik di atas 30 derajat celsius dan terkadang mata juga memerah.

Beberapa keadaan di atas adalah pertanda tubuh mulai kekurangan cairan atau dehidrasi. Dehidrasi dapat mengurangi sistem kekebalan tubuh. Jika keadaan ini terus berlanjut, dikhawatirkan akan memicu sakit kepala dan ancaman kesehatan lainnya yang membayakan jiwa.

Upaya tercepat yang umum dilakukan untuk mengatasi cuaca panas dan meningkatnya suhu tubuh adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Namun, sebenarnya Ladies tidak perlu khawatir  karena ada beberapa minuman yang dapat menghilangkan dehidrasi, seperti beberapa minuman di bawah ini.

1. Jus Jeruk

Saat terik matahari menyengat tubuh, usahakan rutin mengonsumsi buah-buah segar, seperti jeruk, semangka, dan aprikot. Kandungan air yang terdapat dalam masing-masing buah tersebut dipercaya dapat mendinginkan suhu tubuh. Untuk lebih nikmat, buah-buah tersebut dapat diolah menjadi jus atau minuman dingin lainnya.

2. Air Kelapa

Buah kelapa sangat mudah dijumpai di mana saja dan kaya gula alami. Air kelapa menjadi  sumber energi tubuh dan sangat baik untuk kesehatan. Menurut Klikdokter. com, air kelapa mengandung elektrolit seperti sodium, magnesium, potasium, dan kalsium. Oleh karena itu, air kelapa sangat membantu menurunkan suhu tubuh dan memberikan kesegaran di saat cuasa panas.

3. Buah Timun

Jangan sepelekan buah hijau yang berbentuk panjang ini. Ya, buah timun mengandung banyak zat antioksidan yang baik untuk tubuh dan saat cuaca panas. Kandungan air yang berlimpah dalam buah timun  dapat membantu mendinginkan suhu tubuh. Jadi, jangan ragu mengonsumsi buah timun.

4. Susu

Fakta dari susu adalah sangat membantu mengusir dehidrasi. Susu lebih mudah diserap dan nutrisinya baik untuk tubuh. Susu dapat memberikan kesegaran, akan terasa lebih nikmat jika susu dicampur buah segar, seperti sop buah dan jus.

5. Teh

Kebiasaan minum teh sebaiknya dilanjutkan pada saat cuaca panas maupun suhu tubuh mulai naik. Secangkir teh setara dengan satu gelas air putih dan teh mampu menjadi pendingin internal secara alami. 

Kini Ladies tidak perlu khawatir dengan cuaca panas. Beberapa minuman di atas dapat menjadi rujukan untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dan menjauhkan diri dari dehidrasi.

 

 

mbok jun wati

Ibu dari 4 Ladies, Menyukai dunia menulis sejak SMU, saat ini terus belajar menerbitkan beberapa tulisan fiksi dan non fiksi (fb: juniawatisalamat, mbokwati18blogspot)
mbok jun wati

Related posts

Leave a Comment