5 Macam Jeruk yang Biasa Digunakan sebagai Pelengkap Masakan

Halo, Smart Ladies.

Semua pecinta kuliner pasti tahu jika makanan khas Indonesia sangat kaya akan rasa. Hal ini karena ragam rempah dan bahan alami yang dijadikan sebagai pelengkap masakan. Salah satu bahan yang sering dijadikan pelengkap masakan atau makanan adalah jeruk.

Namun, tidak semua jenis masakan menggunakan jeruk yang sama. Beda makanan atau masakan maka beda juga jenis jeruk yang digunakan. Agar tidak keliru, yuk, Ladies kita kenali beberapa jenis jeruk.

 

1. Jeruk Darah Sisilia

Foto: Jadiberita.com

Dilihat dari bagian luar, jeruk darah sisilia mirip jeruk lemon atau mandarin yang biasa kita makan. Perlu Ladies tahu bahwa jeruk darah sisilia ini dagingnya berwarna merah.

Jeruk ini memiliki rasa asam-manis, mirip seperti buah raspberry. Sama seperti namanya, jeruk ini pertama kali ditemukan di Italia (daerah Sisilia). Jeruk sisilia biasa digunakan untuk campuran salad atau berbagai makanan pencuci mulut.

2. Jeruk Lemon

Foto: topmetronews

Ladies pasti tahu jenis jeruk yang satu ini. Bentuknya khas dan warna kuning cerah dengan ukuran yang cukup besar. Namun, ada beberapa yang menjual saat masih berukuran kecil dan warnanya masih hijau sehingga mirip dengan jeruk nipis.

Perbedaannya adalah jeruk lemon bentuknya lebih lonjong dan dijual dengan harga lebih mahal. Jeruk ini memiliki aroma khas saat diperas dan bagian kulitnya biasa diparut untuk memperkaya rasa masakan dan beberapa jenis kue.

3. Jeruk Limau

Foto: hallosehat

Jeruk limau memiliki ukuran yang lebih kecil daripada jeruk purut, tetapi kandungan airnya luar biasa banyak. Jika Ladies pernah membeli siomai, biasanya penjual membubuhkan perasan jeruk limau agar rasanya lebih kuat dan segar.

Jeruk ini bisa juga disebut dengan jeruk sambal karena beberapa jenis sambal menggunakan perasan jeruk limau untuk menyempurnakan rasa. Bahkan, banyak yang menghaluskan permukaan jeruk sebagai campuran sambal. Sensasi segarnya membuat nafsu makan bertambah.

4. Jeruk Nipis

Foto: dokter sehat

Bentuknya kecil dan bulat dengan kulit berwarna hijau kekuningan. Bagian dalamnya berwarna putih transparan. Dalam bahasa Jawa, jeruk nipis artinya tipis.

Jeruk nipis memiliki segudang manfaat, salah satunya bisa menghilangkan bau amis pada masakan. Jeruk ini juga dijadikan pelengkap soto dan bakso. Rasanya yang asam dan segar juga bermanfaat untuk menghilangkan kesan eneg pada makanan. Bisa juga dibuat bahan dasar minuman yang menyegarkan terutama untuk masalah tenggorokan.

5. Jeruk Purut

Foto : Tribunnews.com

Sering kali orang keliru membedakan antara jeruk purut dan jeruk nipis. Padahal, perbedaannya terletak pada kulit. Kulit pada jeruk purut lebih keriput sedangkan jeruk nipis mulus.

Jeruk purut bisa menjadi bumbu utama masakan karena aromanya wangi dan menyegarkan. Bagi beberapa orang, jeruk ini mendapat sebutan sebagai jeruk landak karena pohonnya berdiri. Jeruk ini bisa digunakan di bagian buah atau daunnya sebagai penyedap dan penguat aroma masakan.

Nah, Ladies, sudah tahu, kan perbeadaannya? Jangan sampai keliru lagi, ya. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment