5 Langkah Hilangkan Warna Kusam di Baju Putih

Halo,Smart Ladies.

Jika Ladies menyukai pakaian atau kain berwarna putih, rawatlah dengan benar karena lambat laun akan menguning sehingga kurang sedap dipandang. Bahkan bisa terkesan jorok, apalagi saat ada bercak yang tidak bisa dihilangkan.

Membuangnya bukanlah solusi yang tepat, apalagi kita masih memerlukannya. Sebenarnya pakaian atau kain putih yang sudah memudar bisa bersih kembali. Nah, penasaran, kan? Yuk, kita kupas caranya.

1. Air Panas dan Asam Sitrun

 

Foto: berkas.id

Campurkan secukupnya detergen, air panas, dan asam sitrun. Kemudian, rendam baju atau kain putih bersama campuran cairan tadi. Setelah 15 menit, kucek baju atau kain putih di bagian yang terlihat kusam dan lihat bedanya. Baju atau kain putih yang awalnya kusam akan kembali menjadi putih.

2. Obat Pemutih, Air, dan Cuka

Foto: Tokopedia

Kali ini, kita bisa menggunakan obat pemutih pakaian dan air bersih dengan takaran 1:8. Kemudian, rendam pakaian atau kain putih yang kusam ke campuran tadi selama 10 menit. Setelah itu, peras lalu celupkan lagi ke dalam air yang sudah dicampur cuka untuk menetralisir kandungan obat pemutih. Terakhir, kita bilas dengan air bersih.

3. Belimbing Wuluh

Foto: Tribunnews.com

Kita bisa menggunakan belimbing wuluh untuk digosok rata keseluruh bagian baju dan kain putih. Perlu diingat, jika kita harus menggosoknya dengan merata agar hasil putih menyeluruh. Setelah itu, diamkan semalaman dan besoknya baru bilas dengan air bersih.

4. Jeruk Lemon atau Nipis

Foto : kumparan

Kita juga bisa menggunakan potongan kulit jeruk lemon atau nipis. Caranya, potong jeruk tersebut dan taruh pada kantung yang menyerap air dengan baik, masukkan ke dalam air cucian. Lalu, gunakan air tersebut untuk mencuci baju atau kain putih kita.

5. Buah Mengkudu (Pace)

Foto : Fimela.com

Ladies pasti tidak menyangka bahwa buah mengkudu juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda pada pakaian putih. Caranya, gunakan dua buah mengkudu (pace), lalu buang kulitnya karena yang kita butuhkan air dari buah tersebut. Kita bisa memarut atau mengejus mengkudu, lalu saring airnya. Kemudian, tuang air dari buah mengkudu ke dalam wadah dan rendam baju atau kain putih semalaman. Besoknya, bilas dengan air bersih dan lihatlah, nodanya pasti menghilang.

Nah, Ladies, itulah beberapa tips yang bisa kita lakukan ketika baju putih kesayangan terlihat kusam. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment