4 Kenangan Paling Berkesan tentang Guru

Dear, Smart Ladies!

Kita sepakat bahwa semua orang punya kenangan paling berkesan bersama guru. Sosoknya sebagai seorang pendidik yang sabar memberikan ilmunya setiap hari kerap menjadi kenangan yang tidak bisa dilupakan.

Profesi seorang pendidik, seperti guru, dosen, ustaz, dan sejenisnya telah merelakan hidupnya  untuk mencerdaskan anak didik hingga mampu mandiri, cerdas, dan bermanfaat bagi masyarakat.

Mengingat momen-momen kecil hingga membahagiakan saat menerima ilmu dari guru seringkali membuat kita tersenyum hingga menangis sebab terharu.

Yuk, kita ingat kenangan paling berkesan tentang guru.

1. Tidak Membedakan Peserta Didik

Guru ibarat hakim, jujur dan adil dalam bertindak. Sebagai pendidik, guru atau dosen maupun ustaz, mereka tidak pernah membeda-bedakan peserta didiknya. Guru tidak pernah melihat suku dan budaya, kaya atau miskin, berpendidikan atau tidak. Semua mendapat perlakuan yang sama, termasuk saat memberi pujian maupun hukuman.

2. Teman Curhat yang Aman

Teman curhat yang paling aman adalah guru. Selain lemah lembut, guru juga pendengar yang dapat dipercaya. Dia juga bertindak tegas dalam mengambil keputusan. Guru selalu memberikan nasihat dan motivasi dari setiap masalah yang dihadapi. Oleh karena itu, wajar banyak peserta didik yang cuthat kepada guru.

3. Super Hero

Pantas jika guru menjadi pahlawan tanpa tanda jasa, sebab kehadirannya senantiasa menjadi inspirasi bagi kemajuan pendidikan. Guru tidak pernah kenal lelah mendampingi peserta didik dalam setiap kesempatan baik susah maupun senang. Tak salah jika guru menjadi pahlawan yang tak bisa dilupakan.

4. Pendidik yang Selalu Belajar

Tidak ada kata putus asa dalam kamus seorang guru,  sekalipun peserta didiknya gagal. Guru seringkali mempelajari penyebab sesuatu yang menimpa peserta didiknya. Ia akan  mengusahakan berbagai alternatif penyelesaian masalah agar peserta didiknya tidak terpuruk dalam kegagalan hingga membuat mereka patah semangat dalam berjuang.

Ladies, demikianlah empat momen penting bersama guru yang berkesan dan bisa membuat terharu. Semoga guru senantiasa mendapatkan ganjaran setimpal dari semua yang telah diupayakannya untuk membuat pendidikan lebih maju.

mbok jun wati

Ibu dari 4 Ladies, Menyukai dunia menulis sejak SMU, saat ini terus belajar menerbitkan beberapa tulisan fiksi dan non fiksi (fb: juniawatisalamat, mbokwati18blogspot)
mbok jun wati

Related posts

Leave a Comment