Inilah 3 Bekal Terbaik Calon Haji

Hai, Smart Ladies

Musim haji telah tiba. Mungkin, ada salah satu dari keluarga atau kerabat yang tahun ini ditakdirkan untuk menunaikan perjalanan suci tersebut. Menjelang pemberangkatan mereka ke tanah suci, ada sebagian yang terlebih dahulu mengadakan pengajian atau bisa disebut mu’adaah. Acara ini biasanya diadakan dengan mengundang tetangga dan kerabat.

Jika ada salah seorang kerabat atau tetangga Smart Ladies yang hendak menunaikan rukun Islam kelima tersebut, berikut ada 3 hal yang patut dilakukan.

1. Sampaikan Ucapan “Semoga Allah Membekalimu dengan Takwa”

Ladies pasti ingin memberikan sesuatu jika ada kerabat atau tetangga yang hendak pergi beribadah haji. Biasanya, kita lebih sering memberikan sesuatu berupa materi. Padahal, ada sesuatu yang lebih bermakna, yaitu doa. Sesungguhnya, sebaik-baik bekal adalah ketakwaan.

2. Tambahkan pula Ucapan “Semoga Allah Mengampuni Dosamu”

Selanjutnya, kita mohonkan juga pengampunan dari Allah bagi mereka yang hendak melakukan perjalanan. Hal itu lebih baik daripada memberi beban secara materi. Memohonkan ampunan bagi saudara sesama muslim merupakan bentuk kecintaan dan buah dari keimanan.

3. Tambahkan Lagi Ucapan “Semoga Allah Memudahkanmu, di Mana Saja Berada”

Berada di tempat baru bukanlah suatu hal yang mudah, terlebih lagi bagi orang yang pertama kali melakukan perjalanan jauh. Perjalanan yang ditempuh dalam waktu lama dan berjarak ribuan kilometer dari kampung halaman tidak menutup kemungkinan akan menemui berbagai kesulitan. Oleh karena itu, layak bagi kita memintakan kemudahan atau kelancaran dalam perjalanan mereka.

Ladies, 3 bekal tersebut disampaikan Rasulullah saw. saat ada seorang sahabat yang hendak melakukan perjalanan. Dalilnya adalah:

عَنْ أَنَسٍ قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّى أُرِيدُ سَفَرًا فَزَوِّدْنِى. قَالَ « زَوَّدَكَ اللَّهُ التَّقْوَى ». قَالَ زِدْنِى. قَالَ « وَغَفَرَ ذَنْبَكَ ». قَالَ زِدْنِى بِأَبِى أَنْتَ وَأُمِّى. قَالَ « وَيَسَّرَ لَكَ الْخَيْرَ حَيْثُمَا كُنْتَ »

Dari Anas, ia berkata, “Seseorang pernah mendatangi Nabi Shallallahu ‘alaihiwasallam, lantas berkata kepada beliau, ‘Wahai Rasulullah, aku ingin bersafar, bekalilah aku’. Beliau bersabda, ‘Zawwadakallahuttaqwa (semoga Allah membekalimu dengan ketakwaan)’. ‘Tambahkan lagi padaku’, pintanya. Beliau bersabda, ‘Waghofarodzanbaka (semoga Allah ampuni dosamu)’. ‘Tambahkan lagi padaku, demi ayah dan ibuku’, pintanya. Beliau bersabda, ‘Wayassarolakalkhoirohaytsumakunta (semoga Allah memudahkanmu di mana saja engkau berada)’.” (HR. Tirmidzi no. 3444. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadis ini hasan. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadis ini hasan sahih.

Nah, Ladies, mulai sekarang, jika ada kawan atau kerabat yang hendak melakukan suatu perjalanan, cukuplah kita menyampaikan doa saja. Jangan minta oleh-oleh, ya!

irma sugrianti solihat

founder at KB AL FATAH
ibu rumah tangga dengan 4 putra-putri, sedang menyukai belajar kepenulisan dan hal-hal mengenai pendidikan dan parenting.
irma sugrianti solihat

Related posts

Leave a Comment