Mama Muda, Yuk, Perbaiki Beberapa Pola Asuh Anak

Halo, Smart Ladies!

Mengasuh anak salah satu tugas penting bagi orang tua. Baik buruknya anak tergantung pada pola asuhnya. Agar menjadikan kebanggaan, tidak sedikit Mama muda zaman sekarang sangat protektif terhadap anak sehingga membatasi ruang gerak mereka.


Menurur dr. Yan Effen Hasyim, seorang dokter dan dosen senior di fakultas kedokteran Universitas Sriwijaya. Ada beberapa kesalahan pola asuh mama muda zaman sekarang terhadap anak:


1. Terlalu Mudah Memberi Obat Kimia


Sebisa mungkin anak di bawah usia 12 tahun tidak mengonsumsi obat kimia karena organ tubuh masih rentan dan belum siap menerima reaksi zat kimia obat tersebut. Jika anak terlalu sering mengonsumsi obat-obatan berbahan dasar kimia, kecenderung lebih cepat rusak, terutama pada sel saraf. Jika penyakit masih bisa ditangani dengan bahan alami atau herbal, sebaiknya gunakan bahan tersebut. Namun, jika terpaksa, harus resep dokter.



2. Terlalu Mudah Membawa Anak ke Rumah Sakit

Kepanikan terkadang membuat mereka mengambil keputusan yang cepat, tetapi tidak tepat. Ketika anak sakit panas tak kunjung sembuh, Mama muda langsung membawanya ke rumah sakit. Tidak ada yang salah dengan membawa anak ke rumah sakit. Hanya saja jika kondisi gawat darurat. Rumah sakit memang merupakan tempat layanan kesehatan, tetapi disana juga ada ladang bisnis. Pasien akan dibuat senyaman mungkin saat mendapatkan pelayanan dengan harapan bisa cepat sembuh saat berobat.

Dengan strategi seperti ini, maka pasien akan kembali berobat jika sakit atau merekomendasikannya pada rekan mereka. Ketahuilah, rumah sakit adalah gudang segala penyakit. Ada satu bakteri yang terbentuk dari seluruh penyakit di sana dan bakteri tersebut belum ditemukan obatnya (dengan kata lain, tidak dapat diobati).


Nah, pada anak usia di bawah 12 tahun, imunitasnya masih labil sehingga berpotensi lebih besar terserang penyakit. Terlebih lagi, jika tubuh tubuh anak dipasangkan alat kesehatan, seperti selang oksigen.


3. Membatasi Makan Anak


Kemudahan mengakses berita di internet memudahkan Mama muda mengetahui teori tentang makanan yang tepat untuk anak. Hal ini membuat mama muda terlalu memilah dan memilih makanan untuk anaknya. Padahal, alangkah baiknya anak dikenalkan dengan semua jenis makanan dan rasa agar lidahnya berkembang dan tidak memilih-milih makanan.

Salah satu faktor yang membuat anak susah makan adalah tidak dikenalnya bermacam makanan dan rasa. Pada realitasnya Mama muda lebih suka memberikan anak susu formula dalam frekuensi yang lebih banyak dibanding makanan penunjang. Padahal, semua makanan boleh dan bagus dikonsumsi anak, asal sesuai dengan porsinya.

Oke, Ladies, itulah beberapa kesalahan Mama muda zaman sekarang saat mengasuh anak. Semoga infonya bermanfaat. Jaga kesehatan anak dan biasakan mengonsunsi makanan sehat, serta jauhkan dari rumah sakit dan obat kimia.

Related posts

Leave a Comment