Yuk, Pelajari 6 Literasi Dasar yang Harus Dikuasai Orang Dewasa

Dear, Smart Ladies!

Saat ini, ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia semakin maju. Tentunya masyarakat Indonesia akan memperoleh manfaat jika mempunyai pengetahuan yang memadai. Sayangnya, kemampuan literasi sumber daya manusia di negara ini masih terkendala oleh buta aksara yang cukup tinggi.

Menurut republika.com, terdapat 11 provinsi di Indonesia yang penduduknya masih buta aksara dan posisi tertinggi ditempati Nusa Tenggara Barat, sebanyak 7,91 persen. Jumlah perempuan yang buta huruf sebanyak dua kali lipat dari laki-laki.

Tahukah Ladies, berapa literasi dasar yang harus dikuasi? Yuk, kita pelajari enam literasi  dasar yang harus dikuasai!

 

1. Baca Tulis

Kegiatan membaca dan menulis saat ini dapat diperoleh dengan mengikuti pendidikan formal, mulai dari Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi. Selain itu, banyak lembaga pendidikan nonformal yang menyediakan jasa untuk membimbing baca tulis. Namun yang utama adalah, peran orang tua dan lingkungan tentu sangat membantu mengenalkan besarnya manfaat baca tulis bagi kehidupan sehari-hari.

2. Numerasi

Pengetahuan terhadap simbol, angka, grafik, dan tabel yang biasa kita pelajari dalam ilmu matematika, sebaiknya diterapkan dalam berbagai aktivitas, seperti saat melakukan pekerjaan rumah tangga, berbelanja, dan lainnya. Kecakapan numerasi pasti sangat memperlancar pekerjaan yang terkait operasi hitung atau sejenisnya.

3. Sains

Kita perlu menguasai sains karena akrivitas sehari-hari tidak terlepas dari fakta dan data. Manfaat lain mempelajari sains dalam kehidupan adalah kita dapat memahami tentang cara berinteraksi dan mengambil keputusan.

4. Digital

Hidup di era digital secara tidak langsung memaksa kita untuk mampu menggunakan teknologi internet. Hal ini bertujuan agar kapan pun dan dimana pun kita berada, akan lebih cepat dan mudah memperoleh informasi terkini mengenai kehidupan di sekitar.

5. Finansial

Memiliki kemampuan dasar finansial adalah kecakapan hidup (life skill) yang sebaiknya dipelajari dalam keluarga, sekolah, komunitas, dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan agar kita dapat berfikir dan bijaksana dalam mengatur keuangan sehari-hari.

6. Budaya dan Kewarganegaraan

Indonesia dikenal sebagai negara beraneka ragam suku bangsa, bahasa, dan budaya. Hal ini mengisyaratkan kepada kita untuk belajar memahami dan menghormati budaya dan adat istiadat orang lain sehingga dapat hidup harmonis. Sebagai warga negara yang baik, sudah sepantasnya kita menjalankan hak dan kewajiban untuk hidup rukun dan damai.

Nah, Ladies, semoga ulasan di atas dapat menyadarkan kita akan pentingnya literasi dasar. Menerapkan literasi dasar dalam aktivitas sehari-hari akan membuat kehidupan kita lebih baik.

mbok jun wati

Ibu dari 4 Ladies, Menyukai dunia menulis sejak SMU, saat ini terus belajar menerbitkan beberapa tulisan fiksi dan non fiksi (fb: juniawatisalamat, mbokwati18blogspot)
mbok jun wati

Related posts

Leave a Comment