Tips Menanamkan Cinta sang Buah Hati kepada Allah

Halo, Smart Ladies.

Tugas utama orang tua adalah menanamkan rasa cinta kepada Sang Maha Kuasa di hati anak. Dalam hal ini, orang tua wajib menjaga hubungan baik dan benar di antara ayah, ibu, dan anak. Setelah itu, berikan pelajaran, perhatian, dan bentuk kepedulian yang mengantarkan anak untuk mencintai Sang Khalik. Ada beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk menanamkan rasa cinta kepada Allah di hati anak. Yuk, simak!

1. Ajari si Kecil dalam Keadaan Tenang

Jangan memberi pelajaran pada anak, saat kondisi emosinya tidak stabil. Contohnya, ketika si kecil marah setelah kita beri konsekuensi, dalam keadaan tidak siap menerima pelajaran, seperti sedih, kecewa, atau saat menangis.

2. Hindari Pengucapan Insyaallah

Ketika Ladies sebagai orang tua enggan untuk menuruti permintaan anak, maka hindari mengucapkan insyaallah supaya si kecil tidak salah tanggap saat memahami ungkapan tersebut.

Sejatinya, penggunaan kata insyaallah adalah mengungkapkan kesetujuan untuk melakukan sesuatu, bukan sebaliknya. Ada baiknya kita mengatakan, “Kita lihat nanti,” atau kalimat sepadan.

3. Jangan Menyumpahi Anak

Ketika kita menghukum anak karena berbuat salah, jangan mengeluarkan kalimat-kalimat menyumpahi sehingga terhindar dari ucapan-ucapan yang tidak pantas.

4. Jangan Menakut-nakuti Anak

Sebaiknya Ladies memotivasi anak dengan kalimat-kalimat positif agar pikirannya tersugesti dengan kebaikan yang akan diperolehnya jika rajin beribadah.

Ceritakan bayangan surga yang indah agar melekat dalam pikirannya. supaya anak termotivasi untuk beribadah. Hal ini lebih mendukung pelajaran dan pembiasaan beribadah pada anak dibanding menakut-nakutinya dengan bayangan siksa neraka yang sangat menakutkan.

5. Beribadah Bersama

Ajari si kecil tentang kewajiban beragama dengan cara mengajaknya beribadah bersama ke masjid dan mengajaknya salat di masjid dan berpuasa. Lalu, berikan hadiah ketika mereka mengerjakan salat lima waktu lengkap dalam sehari dan mampu berpuasa satu hari penuh. Bisa juga memberi tambahan uang jajan saat sang buah hati mampu membaca Alquran dengan baik dan benar, atau hal lain yang mampu memberi sugesti pikiran anak untuk lebih giat beribadah.

6. Ajak Berwisata Religi

Ketika liburan, sesekali ajak si kecil untuk berwisata religi, mengunjungi masjid agung yang indah dan megah.

Nah, Ladies, itulah tips untuk menanamkan rasa cinta si buah hati kepada Sang Ilahi. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment