Jangan Takut Bencana, 5 Tips Mengurangi Risikonya

Halo, Smart Ladies!

Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah. Hampir semua tersedia di alam. Gunung, lautan, dan hutan beserta isinya ada semua di negeri ini.

Namun, semua itu mengakibatkan Indonesia termasuk negara dengan risiko bencana alam yang cukup tinggi. Gunung meletus, banjir, gempa, dan masih ada beberapa bencana lain yang mengintai.

Tak jarang, bencana yang terjadi mengakibatkan kerugian materi dan nonmateri. Kehilangan keluarga yang dicintai dan harta benda sebagai dampak terbesar dari bencana.

Nah, bagi Smart Ladies yang berada di daerah rawan bencana, yuk, ikuti langkah-langkah berikut agar bisa meminimalisir risiko yang terjadi!


1. Menyiapkan Keperluan Pribadi dan Keluarga

Masukkan beberapa baju, biskuit , uang tunai, serta surat penting lainnya ke dalam satu tas. Jadi, saat bencana, kita langsung bisa mengevakuasi diri dan keluarga. Saat berada di pengungsian, Ladies memiliki perbekalan yang cukup sampai bantuan

 

2. Jangan Bergantung pada ATM

Saat bencana melanda yang sering terjadi adalah mati listrik dan mengakibatkan beberapa bangunan rusak. Otomatis saat mati listrik tentu mesin ATM tak bisa beroperasi. Maka sediakanlah uang tunai untuk memenuhi kebutuhan sementara menunggu mesin ATM bisa beroperasi.


3. Ajarkan Anak dan Keluarga Evakuasi Dini

Saat bencana gempa bumi ajarkan anak untuk menghindari kaca. Bersembunyi di kolong meja alternatif pertama saat gempa melanda, sehingga tak tertimpa reruntuhan bangunan dan mengurangi cidera


4. Sedia Ponsel Cadangan

Bencana yang terjadi menyebabkan arus listrik terputus. Kita tak bisa menghubungi keluarga dan kawan untuk mengabarkan keadaan kita. Dengan adanya ponsel cadangan kita tetap bisa menghubungi keluarga terdekat.


5. Lebih Dekat dengan Allah

Allah sebaik-baik penjaga kita dan keluarga. Mendekatkan diri pada Sang Pencipta akan membuat kita merasa tenang walau tertimpa musibah. Yakin kalau Allah yang akan menolong kita.


Nah Ladies, tidak ada satupun dari kita menginginkan tertimpa bencana, namun bencana tak kuasa ditolak jika sudah jadi ketetapanNya. Semoga tips tadi bermanfaat dan jangan takut lagi jika bencana terjadi.

Yutaka Latifah

Yutaka Latifah

Provokator Kebaikan, inisiator Sedekah Nasi Rombongan Purbalingga, Penulis, Relawan, dan Abdi negara
Yutaka Latifah

Related posts

Leave a Comment