Penyakit yang Sering Menyerang di Bulan Puasa

Halo, Smart Ladies.

Ramadan segera datang, bulan suci yang selalu ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam untuk menjalankan ibadah puasa. Puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, hanya saja ada sebagian orang yang terserang penyakit saat sedang puasa karena perubahan pola makan.

Saat melakukan ritual puasa, kita wajib menjaga kondisi tubuh agar tidak terkena penyakit. Jika kita sakit, maka ibadah kita akan terganggu. Oleh karena itu, kita harus mewaspadai beberapa penyakit yang sering menyerang saat puasa. Yuk, kita simak apa saja dan penjelasannya.

1. Penyakit Asam Lambung Naik (Mag)

Puasa akan membuat pola makan berubah, biasanya kita makan tiga kali dalam sehari menjadi dua kali saat buka dan sahur. Itu pun memakan rentan waktu yang lama. Dari sahur ke buka, perut dibiarkan dalam keadaan kosong dalam waktu yang terbilang lama. Hal ini biasanya menyebabkan mag. Apalagi, saat sahur dan berbuka mengonsumsi makanan yang memicu naiknya asam lambung, seperti makanan pedas, bersantan, asam, dan meminum kopi.

Agar terhindar, sebaiknya saat sahur Ladies mengonsumsi makanan sehat dan menghindari makanan pemicu mag. Kita bisa mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti gandum atau nasi merah. Untuk lauk dan sayur, usahakan tidak mengonsumsi makanan pedas atau berminyak. Hal ini juga berlaku saat berbuka puasa.

Jangan terlalu banyak mengonsumsi gorengan saat berbuka puasa dan menghindari kopi. Jika Ladies ada riwayat penyakit mag, ada baiknya konsultasikan dulu ke dokter.

2. Dehidrasi

Penyebab dehidrasi adalah tidak minum dari sahur sampai berbuka. Namun, hal ini bisa kita cegah dengan mencukupi kebutuhan cairan selama puasa. Caranya, minum 8 gelas sehari atau kita bisa siasati dengan 3 gelas saat sahur, 2 gelas sebelum tidur, dan 3 gelas saat berbuka atau kita bisa membagi sendiri asal kebutuhan cairan tubuh terpenuhi.

3. Gangguan Pencernaan

Penyakit ini bisa terjadi karena pola makan tidak sehat. Pada awal puasa, banyak orang mengalami sembelit. Hal ini terjadi karena kurang mengonsumsi sayur dan buah.

Cara mencegahnya adalah harus bisa menjaga pola makan. Jika waktu berbuka puasa tiba, jangan langsung makan banyak karena akan membuat perut sesak dan tidak nyaman. Kurangi konsumsi makanan berminyak (gorengan) dan manis, serta banyak mengonsumsi makanan berserat.

4. Radang Tenggorokan

Sudah menjadi tradisi, saat berbuka puasa orang akan memakan gorengan dan minuman manis. Hal ini menyebabkan sakitnya tenggorokan. Jadi, ada baiknya jangan terlalu banyak saat mengonsumsinya dan memperbanyak minum air putih.

Nah, itulah penyakit yang biasa menyerang saat kita beribadah puasa. Jadi jaga pola makan Ladies jangan sampai ibadah terganggu karena kesehatan kita menurun. Semoga bermanfaat dan sehat selalu.

Related posts

Leave a Comment