7 Mitos dan Fakta Saat Berpuasa di Bulan Ramadan

Hai, Smart Ladies!

Masih ingat tidak, kapan belajar berpuasa? Di bulan Ramadan ada bermacam amalan baik yang dapat dikerjakan. Beberapa amalan diantaranya adalah puasa, tadarus, sedekah, salat dan lain sebagainya. Namun, banyak mitos yang beredar saat berpuasa di bulan Ramadan. Entah darimana sumbernya, tetapi hampir semua orang percaya pada mitos tersebut. Berikut, kita bahas mitos dan fakta apa sajakah itu.


1. Menangis

Mitos: Menangis dapat membatalkan puasa
Fakta: Tidak ada korelasi antara puasa dengan mangis. Air mata yang keluar tidak mungkin masuk ke dalam mulut atau hidung.


2. Mengupil

Mitos: Mengupil dapat membatalkan puasa
Fakta: Mengupil adah membersihkan lubang hidung menggunakan jari. Menjaga kebersihan sangat dianjurkan dalam Islam. Namun, alangkah baiknya jika mengupil dilakukan ketika mandi.


3. Berbohong

Mitos: Berbohong dapat membatalkan puasa
Fakta: Dalam ajaran Islam, berbohong tidak dibenarkan. Jangankan di bulan Ramadan, pada hari-hari lain pun, Ladies tidak boleh berbohong karena perbuatan itu merupakan induk segala dosa.


4. Ketut di Dalam Air

Mitos: Ketut saat berenang, puasanya batal.
Fakta: Ketut merupakan hal yang wajar karena keluarnya gas kotoran di dalam tubuh.


5. Marah

Mitos: Hayo marah-marah bikin puasa batal, lo.
Fakta: Marah adalah tindakan seseorang ketika ia tidak mampu mengendalikan emosi. Hakikat puasa adalah menahan. Menahan lapar, harus dan amarah. Saat berpuasa seorang muslim hendaklah mengendalikan amarahnya dan memperbanyak istigfar untuk menahan emosi.


6. Gosok Gigi di Siang Hari

Mitos: Gosok gigi di siang hari dapat membatalkan puasa.
Fakta: Gosok gigi di siang hari hukumnya makruh. Jadi, Ladies boleh menggosok gigi tetapi sebaiknya berhati-hati agar pasta gigi yang digunakan tidak tertelan.


7. Berkumur-Kumur Saat Berpuasa

Mitos: Berkumur kumur saat berpuasa batal puasanya.
Fakta: Berkumur sebelum berwudu merupakan sunah yang dianjurkan Rasulullah. Namun, jika berkumur saat berpuasa untuk menghilangkan haus tentu tidak boleh.


Oke, Ladies, itulah tadi beberapa mitos dan fakta saat berpuasa di bulan Ramadan. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment