5 Tempat Romantis di Indonesia yang Menurut Mitos Bisa Dekatkan Jodoh

Halo, Smart Ladies. 

Destinasi wisata tidak selalu sekadar menyajikan pemandangan indah. Biasanya mitos-mitos yang berkembang akan mengiringi dan memperkuat keinginan wisatawan datang ke suatu tempat. Ada beberapa tempat yang dianggap bisa mempererat hubungan asmara dan mendekatkan jodoh jika didatangi.

1. Kepulauan Seribu: Jembatan Cinta Pulau Tidung

Foto : pulau seribu

Jembatan Cinta ini dipercaya bisa menghubungkan seseorang dengan jodohnya atau mempererat pasangannya. Meski kebenarannya belum begitu diketahui begitu banyak pengunjung yang datang bersama pasangannya. Ada yang berniat iseng untuk membuktikan mitos tersebut, ada pula yang sekadar berlibur menikmati indahnya pemandangan. 

Menariknya, kita bisa memacu adrenalin dengan melompat dari jembatan ketinggian enam meter. Konon katanya, kalau kita berani melompat, maka pikiran dan aura buruk akan terbuang ke laut. Terlepas benar atau tidak, kegiatan ini seru untuk dilakukan bersama teman atau pasangan.

2. Bali: Pemandian Yeh Sanih (Air Sanih)

Foto: tempat wisata Bali

Bahasa Bali, yeh artinya air.   Yeh Sanih (Air Sanih) adalah pemandian yang bersumber mata air alami. Pemandian ini berlokasi di Desa Sanih, Buleleng, Bali. Mitos berkembang sampai saat ini adalah konon katanya, untuk pasangan yang sempurna mandi di Yeh Sanih akan selalu langgeng.

Salah satu,  sisi unik dari tempat ini adalah rasa airnya yang tetap tawar, meski lokasinya berdekatan dengan Pantai Lovina. Biasanya sumber air yang berdekatan dengan pantai terasa asin, tetapi berbeda dengan Yeh Sanih. Masyarakat percaya bahwa sumber air pemandian itu berasal dari Danau Batur, meski jaraknya sangat jauh.


3. Bandung: Pulau Asmara Situ Patenggang

Foto : wisata

Sesuai namanya, Pulau Asmara, mengunjungi tempat ini diyakini bisa membuat hubungan Ladies dan pasangan langgeng. Pulau ini dikelilingi perkebunan teh yang luas dan punya pemandangan indah.

Mitosnya, di pulau ini terdapat batu cinta. Bagi pasangan yang berkeliling di sekitar sana, konon akan semakin langgeng hubungannya. Namun, buat Ladies yang belum punya pasangan jangan sedih, mungkin akan dipertemukan dengan jodohnya jika mengelilingi batu cinta ini. 

4. Magelang: Air Terjun Sekar Langit

Foto : www.Tribunnews.com

Dahulu, ada legenda Joko Tarub, cerita tentang seorang pria yang mencuri selendang salah satu bidadari yang sedang mandi.  Kabarnya, tempat yang digunakan untuk mandi bidadari tersebut adalah Air Terjun  Sekar Langit.

Terletak di lereng Gunung Telomoyo, Kabupaten Magelang, air terjun ini dikelilingi pepohonan yang rindang dan sejuk. Mitos yang tersimpan banyak orang percaya, siapa pun yang datang ke tempat ini akan menemukan jodoh atau dilancarkan urusan asmaranya.


5. Jawa Barat, Kuningan:  Curug Putri

Foto : jejak Piknik.com

Konon, tempat ini bisa membuat orang yang mengunjunginya enteng jodoh dan melanggengkan sebuah hubungan. Hal ini menarik sebagian besar pengunjung datang bersama pasangannya. Sebagian juga percaya bahwa air di tempat ini bisa mengobati penyakit dan membuat awet muda. Tempat wisata ini berlokasi di Palutungan, Desa Cisantara, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan.

Jika dilihat dari jauh, pola air terjun ini seperti seorang wanita yang mengenakan gaun pengantin berwarna putih. Karena itulah dinamakan Curug Putri. Untuk menuju ke sini, Ladies harus melalui beberapa jalur menanjak dan melakukan pendakian. Namun, lelah kita akan digantikan oleh pemandangan indah. 

Ladies, terlepas benar atau tidaknya mitos yang dipercaya, pesona alam kelima tempat tersebut memang mengagumkan, wajib disinggahi. Semoga bermanfaat. 

 

 

 

 

 

 

Related posts

Leave a Comment