Yuk, Ketahui Penyebab ASI Tidak Lancar saat Menyusui

Halo, Smart Ladies.

Salah satu masalah yang kerap dialami seorang ibu adalah ingin menyusui atau memberikan ASI eksklusif, tetapi produksi ASI cenderung sedikit, bahkan tidak keluar sama sekali. Banyak faktor yang menyebabkan kondisi tersebut. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Mengalami Traumatik Persalinan

Foto : hello sehat

Proses persalinan yang berlangsung dalam waktu lama atau melewati operasi caesar bisa menjadi salah satu penyebab ASI tidak keluar. Hal ini dikarenakan kondisi tersebut dapat memengaruhi hormon stres yang berdampak produksi ASI tertunda.

2. Laktasi Tertunda

Foto : dokter sehat

Tidak semua ibu langsung bisa menyusui saat bayinya lahir. Hal ini dikarenakan adanya keterlambatan laktasi sehingga ASI yang keluar menjadi sedikit atau bahkan tidak ada.

3. Bayi Sulit Menyusu

Foto : www.solusiibuattack.com

Terkadang, ada beberapa bayi terlihat menyusu dengan baik, padahal mereka tidak meminum ASI sama sekali. Hal ini karena saat menyusu bayi sering tertidur atau bisa juga adanya perubahan rasa ASI. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kita bisa mengetahui dengan cara mendengarkan suara bayi apakah menelan ASI atau tidak.

4. Disandingkan dengan Susu Formula

 

Memberi ASI yang dibarengi susu formula bisa menjadi penyebab ASI menjadi sedikit. Hal ini karena ASI yang diproduksi tergantung pada seberapa sering bayi menyusu. Untuk itu, ada baiknya kita sering memompa ASI daripada memberikan susu formula.

5. Produksi ASI Tidak Mencukupi

Foto : ibu dan balita

Insufficient Glandular Tissue (IGT) atau kondisi produksi kelenjar air susu yang kurang merupakan salah satu penyebab paling umum ASI tidak keluar. Ini bisa jadi diakibatkan pelekatan mulut bayi dengan puting yang gagal akibat payudara.

6. Terjadi Gangguan Hormon

Foto : mother and baby Indonesia

Produksi ASI yang tidak lancar dipengaruhi kondisi hormon prolaktin yang dihasilkan tubuh saat hamil dan setelah melahirkan. Biasanya, ini terjadi akibat Ladies mengonsumsi obat penyubur kandungan sebelum hamil sehingga menyebabkan kondisi hormon terganggu.

7. Menggunakan Alat Kontrasepsi

Foto : hello sehat

Biasanya, setelah melahirkan, seorang ibu menggunakan alat kontrasepsi seperti pil atau suntik KB agar tidak memiliki anak lagi dalam waktu dekat. Sayangnya, hal ini memengaruhi produksi ASI, bahkan hipertensi. Hal ini terjadi karena saat menggunakan obat tersebut, tubuh akan kekurangan zat besi, apalagi saat kita tidak memperhatikan asupan gizi.

Nah, inilah beberapa hal penyebab umum yang mengakibatkan produksi ASI sedikit atau tidak keluar. Jika itu terjadi ada baiknya konsultasikan tubuh Ladies saat hamil agar saat melahirkan bisa langsung menyusui ASI ekslusif. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment