Kawin Lari

Halo, Smart Ladies!

Menikah adalah dambaan setiap insan. Selain dianjurkan agama, menikah pada dasarnya memang dibutuhkan manusia. Pada praktiknya, ada banyak cara yang dilakukan untuk menikah. Salah satunya adalah menikah dengan mengajak pasangan meninggalkan rumah tanpa izin orang tua atau disebut dengan istilah kawin lari.

Kawin Lari di Pagaralam


Di sejumlah daerah, kawin lari umumnya dianggap sebagai aib sebab ditempuh dengan cara tidak lazim. Banyak faktor menyebabkan pasangan kawin lari, antara lain karena tidak mendapat restu orang tua, materi yang belum mapan, akibat pergaulan bebas (hamil diluar nikah).


Berbeda dengan masyarakat Pagaralam, Provinsi Sumatra Selatan. Kawin lari tidak selalu dipandang negatif. Di Pagaralam, kawin lari bukan semata-mata karena tidak direstui orang tua atau hamil di luar nikah. Tetap bertujuan untuk mempermudah proses pernikahan tanpa harus tunangan dan lamaran dahulu.

Proses Kawin Lari


Adapun proses kawin lari tersebut adalah sang pria berunding dengan pasangannya untuk menetapkan hari pelaksanaannya, setelah sepakat sang wanita meminta izin orang tuanya, jika orang tua berkenan, seorang wanita boleh kawin lari. Sebaliknya, jika tidak maka kawin lari dibatalkan.

Tibalah hari yang disepakati, pria tersebut mengajak wanita untuk menghadap kedua orang ruanya, , mengutarakan niat mereka berdua untuk menikah. Setelah orang tua pria menyetujui maka dikirimlah utusan dari keluarga pria untuk mengabarkan bahwa anak gadisnya kawin lari dengan seorang pria (sambil menyebutkan namanya). Kemudian, orang tua wanita menitipkan beberapa pakaian untuk anaknya kepada utusan tersebut.

Keesokan harinya orang tua wanita menemui keluarga pria menentukan hari, tanggal, bulan pernikahan.


Walau kawin lari dianggap sah bagi masyarakat Pagaralam, tetapi tidak semua masyarakat melakukan hal tersebut. Banyak juga yang menikah dengan cara meminta izin orang tua dahulu. Tentu cara seperti inilah yang diharapkan orang tua pada anaknya jika hendak menikah.

Oke, Smart Ladies! Jadi, kawin lari bukan berarti kawinnya sambil lari, ya.

Related posts

Leave a Comment