Bahan Mukena yang Nyaman Dipakai saat Salat Harian dan Hari Raya

Halo, Smart Ladies.

Setelah sebulan penuh berpuasa, akhirnya saat-saat yang selalu dinantikan seluruh umat muslim datang juga, yaitu hari raya Idul fitri. Pada hari tersebut, umat muslim melaksanakan salat Id dan para muslimah biasannya mengenakan mukena.

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi tekstil, kini mukena hadir dengan berbagai jenis bahan, dan model yang setiap tahun makin bervariasi.

Saat ini, banyak jenis bahan yang ditawarkan untuk mukena agar nyaman saat digunakan untuk salat. Nah, ini dia, kita bahas beberapa bahan mukena yang bisa menjadi rekomendasi Ladies untuk merayakan hari raya nanti.

1. Bahan Parasut

Bahan parasut termasuk bahan yang mudah dilipat, ringkas, dan tidak menghabiskan banyak tempat ketika disimpan. Hal itu membuat mukena parasut sangat direkomendasikan. Hanya saja, bahan ini terbang sangat ringan sehingga mudah terbang saat ada angin. Bahan parasut juga tidak menyerap keringat, sehingga sering menimbulkan rasa panas.

Jadi, Ladies bisa mempertimbangkan, jika melaksanakan salat Ied di tempat terbuka atau luar ruangan, baiknya tidak menggunakan mukena yang berbahan parasut.

2. Bahan Katun Jepang

Di kalangan mukena berbahan katun Jepang sangat populer dikalangan muslimah. Selain dijadikan bahan busana muslim, kain katun Jepang juga digunakan untuk mukena dengan motif cantik dan warna-warna manis.

Mukena yang berbahan katun Jepang terkenal dingin saat digunakan, mempunyai daya serap keringat yang baik, dan membuat kita tidak kegerahan saat memakainya. Kalau dibandingkan dengan bahan katun lainnya, katun Jepang memiliki kualitas yang lebih bagus. Meski dicuci berkali-kali warna dan motifnya tidak luntur.

3. Bahan Katun Silk

Mukena bahan silk banyak ditemui di pasaran karena bahannya yang adem, lembut, dan nyaman saat digunakan. Tak heran, jenis mukena ini cukup populer, dan digemari banyak orang. Kita bisa menggunakannya untuk hari spesial atau sehari-hari.

4. Bahan Katun Paris

Mukena yang berbahan katun Paris memiliki karakteristik mirip seperti katun Jepang. Bahannya juga adem dan menyerap keringat saat digunakan. Hanya saja, mukena katun Paris sedikit lebih tipis dibandingkan dengan mukena katun Jepang. Jadi, mukena bahan ini bisa kita gunakan sebagai mukena sehari-hari di rumah.

5. Bahan Katun Rayon

Jika Ladies mencari mukena yang adem dan jatuh seperti kaus, ada baiknya memilih mukena dengan bahan katun rayon. Mukena Bali adalah contoh yang menggunakan bahan katun rayon. Bahan ini sangat cocok untuk ibadah sehari-hari karena nyaman sekali saat digunakan.

6. Bahan Sutra

Mukena berbahan sutra ini terkenal mahal. Tampilannya yang bersinar dan bernilai membuat mukena berbahan dasar ini terkesan mewah, indah dan elegan. Bahan ini mempunyai sifat kuat, elastis, tidak mudah kegerahan saat panas, dan tidak dingin meski udara dingin. Mukena ini sangat cocok untuk dipakai di hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

7. Bahan Spandex

Sama seperti mukena rayon, bahan spandez memiliki karakter jatuh dan adem. Namun, tidak terlalu mudah untuk menyerap keringat. Mukena spandex ini memberikan kesan ekslusif karena bahan yang lebut dan memiliki serat halus.

Mukena spandex tersedia berbagai macam warna yang cantik dan mukena ini cocok untuk digunakan salat harian.

8. Bahan Katun Lokal

Walaupun lokal, mukena dengan bahan katun lokal juga sangat diminati karena harganya terjangkau dan mudah didapat. Meski harganya murah, katun lokal ini memiliki kelebihan menyerap keringat dengan baik. Saat ini, banyak sekali produsen mukena menjual dengan bahan katun lokal yang dipadukan dengan berbagai macam motif.

Sekarang, Ladies bisa memilih jenis dan bahan mukena yang cocok untuk digunakan sehari-hari ataupun salat hari raya. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment