Begini, loh, Cara Mudah Membersihkan Perkakas Masak yang Gosong!

 

 

Apakah Smart Ladies punya pengalaman kelupaan memasak hingga menyebabkan perkakas masak gosong dan berkerak?
Rasanya pasti menyesal sekali, ya, akibat kelalaian kecil kita jadi rugi dua kali. Kerugian pertama, perkakas masak menjadi gosong dan rusak.
Kerugian kedua, masakan menjadi mubazir karena tidak bisa dikonsumsi lagi.

Biasanya penyebab Ladies lupa sedang memasak adalah karena terlalu asyik menonton drama di TV, terlalu sibuk bermain gawai, dan sebagainya.
Akibatnya, kita jadi kerepotan sendiri saat harus mencuci perkakas yang gosong. Kadang kita mengambil jalan pintas dengan mengorek dan menyungkil noda menggunakan sendok makan atau pisau. Yang terjadi kemudian perkakas malah semakin rusak akibat goresan benda tersebut.

Simak ya Ladies, beberapa cara mudah untuk membersihkan noda membandel berikut ini:


1. Menggunakan Air Panas dan Sabun Cuci Piring


Rendam dengan air panas segera perkakas yang terkena gosong. Semakin cepat dilakukan sesaat setelah gosong, noda semakin mudah dibersihkan. Untuk hasil maksimal tambahkan cairan pencuci piring dalam rendaman. Biarkan beberapa saat kemudian cucilah seperti biasa.


2. Menggunakan Soda Kue


Panaskan air di dalam perkakas yang gosong hingga setinggi batas gosongnya. Biarkan mendidih, lalu tambahkan satu sendoh teh soda kue. Aduk dengan alat yang lunak supaya perkakas tidak tergores. Matikan api, diamkan beberapa saat lalu cuci seperti biasa.


3. Menggunakan Cuka


Siran permukaan perkakas yang gosong dengan cuka. Cuka yang mengandung asam asetat akan ampuh melunakkan noda pada perkakas yang gosong. Diamkan beberapa saat, kemudian cuci menggunakan spon atau alat pencuci piring tembaga.


4. Menggunakan Jeruk Nipis


Siapkan air panas dalam baskom sebanyak yang bisa merendam perkakas yang gosong. Tambahkan cairan pencuci piring dan perasan jeruk nipis. Rendam perkakas selama semalam atau beberapa jam, tergantung tingkat gosongnya. Sesudah itu cucilah seperti biasa.


5. Menggunakan Minyak Sayur


Minyak sayur bisa digunakan untuk membersihkan noda gosong yang tidak terlalu parah. Caranya yaitu, olesi permukaan perkakas yang gosong dengan minyak sayur. Diamkan beberapa menit supaya cairan minyak sayur melunakkan noda gosong. Kemudian, cuci dan bilas seperti biasa.


6. Menggunakan Abu Gosok


Membersihkan perkakas gosong dengan abu gosok merupakan cara tradisional yang sudah dilakukan sejak dahulu kala. Abu gosok siap pakai, kini banyak dijual di warung kecil di sekitar rumah kita. Campur abu gosok dengan sedikit air sehingga membentuk adonan, kemudian gosokkan pada permukaan perkakas yang gosong menggunakan spon. Pada zaman dahulu sewaktu belum banyak spon dijual, alat yang digunakan untuk mencuci perkakas adalah sabut kelapa bagian dalam. Sesudah noda bersih, bilas dengan air bersih dan cuci dengan sabun seperti biasa.

Rasanya senang kalau perkakas masak bisa menjadi bersih dan bisa digunakan kembali, ya Ladies?


Menjadi kepuasan tersendiri bagi kita bila bisa merawat perkakas dapur tetap bersih berkilau dan awet digunakan dalam waktu lama.
Apalagi sudah terkenal di seantero jagad raya bahwa sosok Ladies adalah sosok yang suka berhemat. Dengan pandai merawat perkakas dapur, berarti tidak perlu ada pengeluaran untuk membeli perkakas masak yang baru. Uang yang ada bisa digunakan untuk pengeluaran lain yang lebih penting.

Related posts

Leave a Comment