Ladies Wajib Tahu! Bumbu dan Bahan Dapur yang Bisa Hilangkan Bau Amis Ikan

Halo,Smart Ladies.

Bau amis pada ikan tawar atau ikan laut biasanya akan muncul sesaat setelah ditangkap. Bau tersebut akan terus tercium saat ikan dijual di pasaran. Tidak jarang, juga ikan yang kita olah masih tercium bau amis. Hal ini jadi salah satu alasan penyebab beberapa orang tidak suka memakan atau mengolahnya, padahal ikan adalah salah satu sumber protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Nah, ada tips untuk Ladies yang sedang belajar memasak agar tidak perlu khawatir lagi dengan bau amis pada ikan. Penasaran? Yuk, simak tipsnya.

1. Garam dan Jeruk Nipis

Dua bahan ini sangat identik dengan olahan ikan laut. Rasa asam yang dihasilkan jeruk nipis mampu menambahkan cita rasa pada ikan dan aromanya kuat sehingga mampu mengalahkan bau amis. Hal ini yang menjadikan jeruk nipis sebagai salah satu bumbu penting dalam mengolah seafood.

Cara menghilangkannya terbilang gampang, lumuri ikan dengan perasan jeruk nipis selama 15 menit. Sebelum diolah, jangan lupa dibilas terlebih dahulu.

2. Jahe

Aroma dan rasa yang kuat membuat jahe sering digunakan dan menjadi salah satu bumbu penting dalam setiap olahan ikan laut. Tidak hanya untuk bumbu masakan saja, jahe juga bisa digunakan untuk mengilangkan bau amis ikan. Caranya, lumuri ikan dengan panutan jahe selama 15 menit. Bilas dengan air yang mengalir dan bau amis pada ikan akan berganti dengan aroma serta rasa jahe yang menggugah selera.

3. Cuka

Bumbu berikutnya yang bisa menghilangkan bau amis pada ikan adalah cuka. Caranya sangat mudah, yaitu cukup rendam ikan yang sudah dicuci bersih menggunakan cuka selama 10 menit. Setelah itu, bilas menggunakan air yang mengalir dan segera masak. Dijamin bau amis akan hilang.

4. Tepung Terigu

Tepung terigu biasanya menjadi bahan utama pembuatan kue, tetapi bisa juga digunakan sebagai penghilang bau amis pada ikan. Caranya, cukup baluri ikan yang sudah dicuci dengan menggunakan tepung terigu secara tebal dan merata, lalu diamkan selama 10 menit. Kemudian, bilas dengan air mengalir sebelum mengolahnya. Lakukan ini sebanyak 2-3 kali jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Gula Pasir

Terakhir adalah gula pasir. Selain sebagai penambah rasa manis pada masakan, ternyata gula juga ampuh sebagai penghilang bau amis ikan, khususnya bagian insang.

Caranya lebih mudah daripada menggunakan tepung terigu. Balurkan gula putih pada ikan secara merata, lalu diamkan selama 15 menit. Bilas ikan dan olah sesuai selera.

Nah, Ladies, tips di atas bisa dicoba saat memasak ikan. Selain bahan-bahannya gampang ditemukan, caranya pun terbilang sangat mudah. Selamat mencoba.

Related posts

Leave a Comment