Khasiat Tumbuhan Jarak bagi Kesehatan

Halo, Smart Ladies!

Berbicara tentang tumbuhan jarak, pasti semua orang mengetahui tentang tumbuhan tersebut. Jarak adalah salah satu tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia dan diyakini memiliki banyak manfaat, terutama pengobatan tradisional. 

Tidak heran banyak masyarakat yang menanamnya baik di perkebunan maupun di pekarang rumah. Berikut manfaat tumbuhan jarak bagi manusia, mulai dari akar, batang, daun, hingga bijinya.

1. Akar Jarak

Akar jarak dapat mengobati batuk, reumatik sendi, tetanus, epilepsi, serta bronkitis pada anak-anak.


2. Batang Jarak

Seperti dirilis sripokku.com, biji pohon jarak dapat dimanfaatkan untuk bahan bakar karena mengandung getah recin. Getah pohon jarak mengandung mikroba yang berkhasiat mengatasi luka kecil, perdarahan, luka infeksi bakteri staphyloccus, streptococcus dan escherechia. Khasiat lainnya adalah mengobati sariawan, sakit gigi karena berubang, selaput putih pada mulut bayi yang menyebabkan bayi malas makan atau menyusui.


3. Daun Jarak

Daun jarak pagar tumbuh berselang-seling, berbentuk bulat, dan ujungnya sedikit runcing. Daun jarak ujung daunnya berwarna hijau muda dan bagian yang dekat tangkai berwarna hijau tua. Daun jarak pagar mengandung senyawa kaemfesterol, amirin dn teraksol, yang berkhasiat mengatasi kembung (masuk angin), susah buang air besar (BAB), obat reumatik, radang telinga yang disebabkan influenza.


4. Biji Jarak

Kandungan pada biji adalah glukananse yang memiliki aktifitas antifungi, toksakbium dan curcin, yang berkhasiat untuk pengobatan luka koreng, kesulitan melahirkan dan retensi placenta, kelumpuhan otot wajah, kanker serviks.


Ladies, itulah pemaparan khasiat tumbuhan jarak, semoga bermafaat bagi kita semua.

 

Sumber gambar : pertanianku.com

Related posts

Leave a Comment