Tips Memanfaatkan Pakaian Bekas

Halo, Smart Ladies!

Memiliki banyak pakaian tentu menyenangkan, terutama bagi wanita karena bisa berganti kostum pada setiap acara yang dihadiri. Namun,  ketika baju mulai usang, kekecilan, dan bosan dipakai, Ladies biasanya memilih untuk menyimpannya. Jika hal tersebut terus dilakukan, tumpukan baju bekas semakin banyak dan akan memakan banyak tempat.


Nah, bagi Ladies yang mengalami hal demikian, lalu bingung mau bagaimana? Yuk, simak beberapa tips memanfaatkan pakaian bekas berikut ini.

1. Sedekah


Tidak diragukan lagi, sedekah adalah perbuatan baik yang dianjurkan oleh setiap keyakinan. Tujuannya bukan saja untuk berbagi, melainkan juga menjalin kasih. Pakaian bekas yang menumpuk bisa dijadikan alternatif untuk sedekah. Ladies bisa memilih pakaian yang masih layak pakai untuk diberikan kepada orang tidak mampu, panti asuhan, atau korban bencana alam. Sedekah adalah salah satu investasi untuk akhirat.

2. Menjual Pakain Bekas


Ketika Ladies pergi ke pasar tradisional, tentu di sana dapat ditemukan para penjual barang bekas, baik itu pakaian, material bangunan, onderdil kendaraan, dan bermacam barang bekas lainnya. Jika pakain bekas dikelola dengan baik, bisa menghasilkan uang, lo.

Pisahkan pakaian menurut Ladies masih bagus lalu loundry. Pakaian bekas pun kini bernilai tinggi. Cara lain adalah kumpulkan semua pakaian bekas, lalu masukkan ke dalam satu wadah seperti karung, kemudian tawarkan pada pedagang loak dengan sistem jual per karung.

3. Mendaur Ulang


Bagi Ladies yang memiliki jiwa seni, pakaian bekas bisa didaur ulang sehingga pakaian bernilai tinggi seperti, membuat pakaian boneka, pakaian anak-anak, selimut, taplak meja, dan lain sebagainya. Caranya, sortir pakaian yang masih layak, potong menggunakan gunting sesuai bentuk dan ukuran yang diinginkan, lalu jahit. Namun, jika tidak punya mesin jahit, bisa menggunakan jasa penjahit.


Bagaimana Ladies, mudah, bukan, memanfaatkan pakaian bekas? So, jika ada pakaian bekas, jangan langsung dibuang, ya.

Related posts

Leave a Comment