Ibu Nurliani Guru Kimia yang Kompeten dan Bersahaja [Victoria_Borodinova from Pixabay]

Ibu Nurliani Guru Kimia yang Kompeten dan Bersahaja

Hai, Smart Ladies!

Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya adalah ungkapan yang cocok untuk Ibu Nurliani. Beliau memilih kariernya menjadi guru karena mengikuti ayahanda tercinta yang juga berprofesi sebagai guru. Selain itu, sang suami hanya merestui beliau berkarya di bidang pendidikan. Ibu Nurliani adalah guru Kimia yang memulai kariernya sejak tahun 2003 di SMA Peusangan Aceh, lalu berpindah ke SMA 5 Pontianak hingga kini mengajar di SMKN 26 Jakarta. Pengalaman beliau mengajar di berbagai pulau di Indonesia seperti pulau Sumatra, Kalimantan, dan Jawa memberinya kesan yang mendalam.

Ladies, tidak mudah mengajar, khususnya pelajaran Kimia di berbagai pulau dengan suku, adat, dan budaya yang berbeda. Namun, bagi Ibu Nur, begitu sapaan akrabnya, hal ini sangat menyenangkan. Beliau memiliki trik khusus agar pelajaran Kimia dapat disenangi muridnya. Ibu Nur membuat pelajaran Kimia seperti permainan dengan menggunakan beberapa alat peraga seperti misalnya permainan TTS, menghafal dengan jembatan keledai, dan bernyanyi. Selain siswa merasa senang dengan pelajarannya karena menjadi terasa mudah, mereka secara otomatis mencintai gurunya karena kreatif.

Sangat menarik bukan, Ladies? Permainan-permainan yang  Ibu Nur ciptakan agar siswa menyenangi kelas Kimia membuat beberapa kejadian unik yang menjadi pengalaman tak terlupakan. Murid Ibu Nurliani pernah memberikan kejutan bahwa mereka lolos OSN tingkat DKI. Sungguh membanggakan, ya, Ladies. Hal lain yang lebih membanggakan adalah ketika muridnya ingin mengikuti jejaknya menjadi guru Kimia juga. Pengalaman yang tak kalah unik adalah ketika selesai menjelaskan pelajaran Kimia, lalu muridnya merespon dengan mengatakan, “Begitu saja, Bu?”

Bu Nur seorang guru ASN yang mempunyai pengalaman mengajar di beberapa pulau karena harus mengikuti suami berpindah tugas, beliau sangat mencintai dunia pendidikan, khususnya mengajar Kimia. Baginya, mengajar kimia adalah berbagi ilmu tentang kehidupan sehari-hari. Bagaimana proses tubuh kita bekerja, yaitu proses makan dan minum, proses kita bernapas sehingga kita tahu cara memelihara kesehatan dengan baik. Bu Nur menambahkan bahwa filosofi belajar tentang Kimia adalah mempelajari alam yang berarti juga mendekatkan diri pada ciptaan Yang Mahakuasa.

Cita-cita beliau sederhana, semoga semua usahanya bisa menjadi amal jariah. Sungguh mulia, ya,  Ladies?

Menjadi guru adalah tugas mulia, apalagi jika disertai dengan niat baik agar menjadi lebih berguna bagi sesama dan menjadi amal baik untuk bekal di akhirat.

Semoga makin banyak generasi mudah yang memiliki cita-cita yang sama seperti Bu Nur, ya, Ladies.

Untuk mengenal Ibu Nurliani lebih dekat bisa menghubungi WA beliau 087775477211.

About Nurmasari

Nurmasari
Saya adalah seorang ibu rumah tangga yang menerapkan metode montessori dirumah dan suka menulis serta membaca. Suka menulis resensi buku, parenting, dan juga artikel.

Check Also

Profil Nailal Hidayah

Mengenal Lebih Dekat Sosok Nailal Hidayah : Harmoni Wanita Berkarier dan Tetap Memprioritaskan Keluarga

Halo, Smart Ladies! Wanita Indonesia sejak zaman Kolonial Belanda telah memiliki panutan seorang pejuang emansipasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *