Hentikan Sebelum Terlambat! 5 Akibat Buruk Penggunaan Scrub Secara Berlebihan

Halo, Smart Ladies.

Skrub merupakan salah satu produk kecantikan yang cukup ampuh untuk membersihkan kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati. Jika pemakaian skrub dilakukan sesuai aturan, kulit akan menjadi cerah, halus, dan sehat.

Jadi, Ladies perlu juga berhati-hati. Jangan sampai menggunakannya secara berlebihan karena bisa berdampak buruk pada kulit. Apa saja dampak buruknya, mari kita simak satu per satu!

1. Kulit Menipis

Pengangkatan sel-sel kulit mati saat memakai skrub menyebabkan kulit kita mengelupas. Sebetulnya pengelupasan kulit bisa membantu meregenerasi kulit wajah. Namun, jika dilakukan terlalu sering, kulit menjadi tipis dan mudah terkena masalah. Untuk mengimbangi penipisan kulit ini, kita perlu sering mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E, vitamin A, dan makanan lain yang kaya nutrisi.

2. Kulit Teriritasi

Pengelupasan kulit yang terlalu sering dan terlalu lama akan menyebabkan kulit mudah mengalami iritasi. Masalah kulit yang lain biasanya akan mudah terjadi jika kulit sudah teriritasi. Untuk menghindarinya, Ladies tidak perlu memakai skrub setiap hari. Gosokkan skrub secara perlahan dan upayakan tidak memakainya saat kulit sedang berjerawat, gatal-gatal, atau memar.

3. Kulit menjadi Lebih Sensitif

Apa pun jenisnya, kulit wajah akan menipis dan menjadi lebih sensitif jika sering digosok memakai skrub. Hal ini karena skrub mengandung physical exfoliants yang terlalu keras. Bagi Ladies yang berkulit sensitif disarankan memilih produk dengan kandungan chemical exfoliants yang lembut dan bisa mempercepat regenerasi sel tanpa menggosok kulit.

4. Kulit menjadi Kering

Kulit mati yang tidak diangkat akan menyebabkan kulit terlihat kusam. Namun, menggunakan skrub secara berlebihan justru bisa menyebabkan kulit lebih mudah terdehidrasi dan menjadi kering. Untuk itu, Ladies cukup menggunakan skrub 2-3 kali seminggu dan memanfaatkan losion untuk menjaga kelembapan kulit.

5. Kulit Wajah Seperti Terbakar

Lapisan kulit yang makin tipis akan tampak memerah di bagian tertentu dan terasa seperti habis terbakar. Jika hal ini terjadi, ada baiknya Ladies menghentikan penggunaan skrub sementara waktu sampai kondisi kulit benar-benar pulih seperti semula.

Ladies, selain menyebabkan lima dampak buruk di atas, terlalu sering memakai skrub juga bisa menyebabkan ketergantungan, lo. Kita akan merasa ada yang kurang sebelum memakainya. Untuk menghindarinya, cobalah membiasakan pola hidup bersih dan sehat sehingga tidak perlu lagi memakai skrub.

About Metha Birlia Chandra

Metha Birlia Chandra

Check Also

9 Faktor Penyebab Penuaan Dini

Hai, Smart Ladies! Pernahkah Ladies “dituduh” berwajah lebih tua dari usia sebenarnya? Jangan terburu-buru marah, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *