Hati-Hati, Ladies, 5 Sikap Buruk Ini Bisa Membuat Rekan Kerja Kesal

Halo, Smart Ladies!

Menjadi karyawan sebuah perusahaan berarti menjadi bagian dari perusahaan tersebut. Oleh karena itu, setiap karyawan harus menaati aturan perusahaan. Begitulah aturannya. Kita tidak bisa bersikap seenaknya karena ada tanggung jawab dan etika yang harus dipatuhi agar aktivitas di tempat kerja bisa berjalan selaras dengan pencapaian tujuan bersama.

Menjaga hubungan baik dengan sesama karyawan juga perlu dilakukan. Ladies, paling tidak ada lima sikap buruk yang harus dihindari seorang karyawan karena bisa bikin rekan kerja kesal. Apa saja? Mari, simak uraian berikut!

1. Sering Datang Terlambat

Setiap perusahaan memiliki aturan jam kerja yang harus ditaati semua karyawannya. Datang terlambat hanya akan menurunkan performa kita di mata atasan maupun rekan kerja. Di samping itu, kebiasaan datang terlambat bisa menjadikan Ladies sebagai topik gosip di lingkungan karyawan.

2. Mencari Muka di Depan Atasan

Setiap karyawan punya hak untuk terlihat baik di depan atasan. Selama dilakukan dengan cara yang pantas, tidak ada masalah. Nah, mencari muka di depan atasan adalah salah satu cara yang tidak pantas dilakukan. Hampir semua orang pasti kesal dan tidak menyukai rekan kerjanya yang berlaku demikian. Hal ini bukan tanpa alasan. Biasanya karyawan model seperti ini sangat egois dan hanya mementingkan diri sendiri.

3. Terlalu Santai

Sering mengulur waktu dan terlalu santai dalam menyelesaikan pekerjaan menunjukkan bahwa seorang karyawan tidak profesional. Sudah seharusnya kita tahu ada saatnya istirahat dan ada saatnya bekerja. Selesaikan pekerjaan dengan sungguh-sungguh. Jangan sampai kita dicap sebagai pemalas karena terlalu santai dan cenderung menyepelekan pekerjaan.

Seorang karyawan yang cakap seharusnya bisa menyelesaikan semua pekerjaan tepat waktu. Menunda pekerjaan hanya akan membuat pekerjaan lain makin menumpuk. Jika pekerjaan itu berhubungan dengan divisi lain, tugas mereka pun menjadi terhambat. Siapa yang merugi? Selain rekan kerja dan perusahaan, dia pun merugi karena nama baiknya rusak.

4. Melempar Kesalahan kepada Orang Lain

Lempar batu sembunyi tangan. Pepatah ini cocok bagi seseorang yang tidak mau bertanggung jawab atas kesalahan yang telah dilakukan. Entah dia berpura-pura tidak tahu atau sengaja melempar kesalahan kepada orang lain.

Jika kita melakukan kesalahan, sebaiknya akui saja. Setelah itu, berusahalah untuk memperbaikinya. Jangan sampai melempar kesalahan kepada orang lain, apalagi menjadikannya sebagai kambing hitam.

5. Bersikap Masa Bodoh

Kita tidak bekerja seorang diri di perusahaan. Ada banyak karyawan selain kita. Terlalu cuek pada keadaan sekitar tentu akan berdampak kurang baik.

Jangan terlalu asyik dengan dunia kita sendiri sampai lupa dan tidak peduli terhadap lingkungan kerja. Kita bekerja bukan hanya untuk mendapatkan uang, tetapi juga mencari pengalaman dan bersosialisasi. Cobalah untuk aktif dan menyumbangkan ide jika memang dibutuhkan.

Nah, dengan menghindari lima sikap buruk di atas, semoga kita tidak membuat kesal dan bisa menjadi mitra yang baik bagi rekan kerja. Kita tidak perlu mencari muka karena atasan tentu bisa menilai karyawan yang bisa diandalkan.

Related posts

Leave a Comment