Garden School, Belajar Menyenangkan dan Menyehatkan di Era Pandemi [41330 from Pixabay]

Garden School, Belajar Menyenangkan dan Menyehatkan di Era Pandemi

Hi, Smart Ladies!

Banyak hal di kehidupan berubah semenjak virus korona datang dalam waktu setahun belakangan ini. Aktivitas sehari-hari anak mengalami perubahan besar. Dahulu, sebelum ada pendemi, anak–anak menghabiskan waktunya sepanjang hari di sekolah. Di sekolah, anak bisa melakukan kegiatan belajar sekaligus bermain bersama teman-temannya.

Sekarang, semua kegiatan belajar hanya bisa mereka lakukan di rumah bersama ibu atau ayah, bahkan terkadang sendiri bagi yang orang tuanya sibuk bekerja. Sekolah sebagai wadah yang memiliki tujuan membentuk dan mendidik anak sehingga dapat memberikan manfaat bagi diri mereka sendiri, keluarga, dan negara kini pindah ke rumah, Ladies!

Hanya mengerjakan tugas saja melalui PJJ tidak akan menjamin anak akan memiliki keterampilan untuk bertahan hidup di masa depan. Dibutuhkan cara agar anak bisa belajar dengan menyenangkan, mempunyai keterampilan bertahan hidup di masa depan.

Tidak hanya belajar menyenangkan, Garden School dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh anak. Dengan terpapar kotoran tanah, hewan, dan tanaman maka akan terjadi kolonisasi mikroba yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh inilah yang akan membentengi anak-anak di era pandemi ini.

  1. Melakukan Kegiatan Belajar di Kebun

Mengubah kebun menjadi kelas luar ruangan membuat anak mendapatkan kesempatan belajar secara langsung. Kebun menyediakan pengetahuan untuk mempelajari bumi tempat kita hidup. Matematika, Geologi, pembuatan pupuk kompos, iklim dan cuaca, erosi, dan lain-lain.

  1. Menanam Sayuran dan Buah Kesukaan

Ada banyak metode bertanam baik sayur maupun buah. Pilihlah yang sesuai dengan lahan yang Ladies punya, bahkan bisa menaman buah berpohon besar seperti mangga di lahan terbatas dengan metode tambulampot.

Pemahaman tentang tumbuh kembang, tentunya sangat penting tidak hanya untuk berkebun, tetapi juga untuk pendidikan. Anak belajar bahwa pekerjaan mereka di Garden School berubah seiring dengan perkembangan dan pematangan tanaman, metode pengajaran guru, dan seluruh wacana di kelas berubah seiring dengan perkembangan dan pendewasaan siswa. Ini adalah pemikiran sistem dalam tindakan menerapkan prinsip yang sama ke tingkat sistem yang berbeda.

  1. Memelihara Hewan Kesukaan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ikatan antara manusia dan hewan peliharaan dapat meningkatkan kebugaran, menurunkan stres, dan membawa kebahagiaan. Rasa persahabatan  dapat membantu anak mengelola rasa kesepian dan depresi akibat tidak bertemu teman-temannya di sekolah. Hewan peliharaan yang mudah anak-anak rawat antara lain ikan, ayam, burung, dan kucing.

  1. Melakukan Science Experiments

Anak-anak sangat menyukai sains. Eksperimen sains sederhana yang dapat Ladies lakukan di rumah bersama anak-anak adalah cara yang menyenangkan untuk memperkenalkan konsep ilmiah dasar dari segala usia. Temukan eksperimen sains yang dengan petunjuk langkah demi langkah yang mudah diikuti.

  1. Melakukan Art Eksperiment

Ladies jangan merasa khawatir ketika aktivitas eksperimen seni membuat berantakan. Kerajinan tangan dapat mengembangkan pikiran dan tubuh anak. Di dalamnya, terdapat perpaduan antara seni yang menyenangkan, pemikiran kreatif, serta eksperimen. Manfaat bagi anak-anak sangat banyak, mencakup kemampuan memecahkan masalah, kreativitas, literasi, keterampilan motorik halus dan kasar, koneksi, dan pemahaman.

  1. Mengolah Hasil Kebun

Manfaat jangka panjang dari Garden School adalah mendukung kesehatan dan kebugaran, mendorong anak untuk memilih makanan bergizi. Memasak hasil berkebun memiliki peran penting dalam mengubah persepsi anak-anak tentang makanan dan beralih ke makanan sehat.

Kegiatan mengolah makanan dapat mendorong budaya kesehatan dan gizi. Memakan makanan yang sehat dan bergizi berperan dalam pembentukan daya tahan tubuh anak, hal ini dibutuhkan saat pandemi, Ladies.

Seorang pakar nutrisi anak dari Universitas Harvard bernama Eliia mengatakan, “Seperti yang telah kita pelajari bahwa menghafal bukan lagi cara yang tepat untuk mengajarkan Matematika atau keterampilan Bahasa Inggris kepada anak-anak, hal yang sama berlaku untuk pendidikan nutrisi.”

  1. Membagikan dan Menjual Hasil Kebun

Berbagi makanan adalah alternatif lain yang dapat diadopsi kehidupan kota selama pandemi saat ini. “Berbagi makanan adalah bentuk kerja sama mendasar yang sangat penting karena peran sentralnya dalam membentuk sejarah kehidupan manusia, organisasi sosial, dan psikologi kooperatif.” (Jaeggi & Gurven, 2013: 186).

Dengan berbagi, Ladies dapat membantu mengisi perut kosong orang yang lapar.  Lebih penting lagi, berbagi dapat membantu orang yang tidak memiliki akses untuk berkebun. Berbagi juga tidak selalu gratis, bisa seperti menjual makanan dengan harga yang relatif murah. Bisa juga bertukar produk, lo, Ladies.

Smart Ladies, sudah tahu, kan, begitu banyak aktivitas belajar menyenagkan di kebun. Yuk, buat Garden School di rumah kita. Tidak harus kita lakukan di lahan yang luas, kok. Garden School sangat mungkin Ladies lakukan di lahan terbatas seperti halaman rumah. Selamat mencoba, ya, Ladies!

About Eka Maya Febriana

Eka Maya Febriana

Check Also

Tips Menghafal Al-Qur’an untuk Balita

Halo, Smart Ladies! Orang tua mana yang tidak senang memiliki anak salih salihah? Tentu setiap …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *