Etika Mengikuti “Meeting” secara Daring

Halo, Smart Ladies!

Ladies, sejak pandemi COVID-19 melanda banyak hal yang awalnya jarang dilakukan, sekarang justru menjadi kebiasaan. Satu di antaranya adalah penggunaan beberapa aplikasi sebagai media komunikasi antara lain Skype, Jitsi, Google Meet, Zoom Meeting, dan sebagainya.

Dari berbagai media komunikasi tersebut Zoom Meeting adalah yang paling populer. Selain pengoperasiannya mudah, aplikasi ini juga murah (free) bila pertemuan hanya memerlukan waktu kurang dari 45 menit. Lengkap  dengan video dan speaker, membuat aplikasi Zoom semakin nyaman kita gunakan.

Saat pertemuan melalui  Zoom kadang kala dijumpai beberapa hal yang kurang pas seperti ada suara anak menangis, percakapan di luar materi, peserta yang berpakaian ala kadarnya, hingga peserta yang sedang buang air. Kondisi-kondisi tersebut tentunya membuat suasana pertemuan terganggu, menimbulkan gaduh, dan peserta malu.

Untuk menghindari kejadian-kejadian tersebut, kita perlu memiliki pemahaman bahwa bertemu secara daring  dan tatap muka memiliki etika yang sama. Meskipun tidak bertemu langsung menghargai peserta atau pembicara harus selalu dikedepankan. Ada beberapa tips yang sebaiknya Ladies lakukan saat meeting daring, yaitu:

A. Persiapan Meeting

    1. Persiapkan diri 30 menit sebelum acara mulai. Berpakaian rapi dan sopan.
    2. Persiapkan alat yang mau dipakai untuk Z  Pastikan sinyal paket data atau jaringan wifi cukup baik. Bila menggunakan HP, letakkan pada posisi yang tepat. Menggunakan alat pemegang HP lebih baik.
    3. Persiapkan tempat yang nyaman dan aman. Bila panitia menyiapkan gambar khusus untuk pertemuan, pilih lokasi atau ruangan yang memiliki dinding polos agar gambarnya dapat terlhat jelas saat dijadikan background.
    4. Masuk ke Zoom minimal lima menit sebelum acara dimulai.

 

B. Saat Meeting

    1. Saat masuk Zoom pastikan speaker dalam kondisi mute dan video dalam kondisi on. Minta izin host atau co-host bila menginginkan video dalam keadaan off. Beri nama sesuai dengan nama peserta. Jika melakukan Zoom antar instansi, tuliskan nama instansi asal setelah nama peserta. Hal ini dilakukan agar host mengetahui dengan mudah identitas peserta.
    2. Ikuti kegiatan dengan sopan dan saksama, berpartisipasi aktif dalam pertemuan. Bila pembicara meminta atau bertanya sesuatu, biasakan untuk aktif menjawab pada kolom chat. Jawaban ini sebagai bentuk penghargaan dan sinyal bahwa kita serius mengikuti pertemuan.
    3. Angkat tangan atau tulis pada kolom chat bila ingin bertanya. Tunggu perintah dari host atau co-host untuk membuka speaker saat akan bertanya. Ingat untuk selalu membuka speaker saat diskusi dan minta izin ketika ingin bicara. Hindari memotong pembicaraan.
    4. Saat acara dinyatakan selesai, buka video dan speaker karena biasanya ada sesi foto bersama. Ucapkan terima kasih untuk pembicara dan host atau co-host.
    5. Sebelum keluar, minta izin lebih dulu. Setelah itu baru kita bisa meninggalkan pertemuan.
    6. Bila di tengah acara ada keperluan mendadak dan harus meninggalkan Zoom, mintalah izin terlebih dahulu kepada host atau co-host agar bila ingin masuk kembali masih diperbolehkan.
    7. Jangan membawa HP ke tempat  pribadi saat Zoom untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Demikian beberapa etika mengikuti meeting daring. Semoga tips ini bermanfaat untuk Ladies yang hendak melakukan pertemuan melalui Zoom.

About Nurhayati Muhidin

Nurhayati Muhidin

Check Also

Pagi Asyik Tanpa Panik

Hai, Ladies! Sebagai ibu, kita pasti sudah sangat akrab dengan kesibukan pada pagi hari. Setiap …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *