Enggan ke Perpustakaan? 4 Teknologi Perpustakaan Ini Bikin Ladies Ketagihan!

Enggan ke Perpustakaan? 4 Teknologi Perpustakaan Ini Bikin Ladies Ketagihan!

Perkembangan teknologi membuat informasi makin cepat dan berkembang, tak terkecuali perpustakaan. Tidak dimungkiri, seringkali orang merasa enggan untuk berkunjung ke perpustakaan, sebab layanan dan tampilan perpustakaan yang notabene membosankan.

Namun jangan cemas, kini teknologi perpustakaan telah berkembang. Inilah salah satu upaya guna mendorong aktivitas pengunjung lebih banyak agar kebutuhan baca dan tulis terpenuhi.

Untuk lebih mengetahui bagaimana teknologi perpustakaan, di bawah ini terdapat empat teknologi perpustakaan yang bisa bikin Ladies ketagihan.

1. Akses Internet Go Online

Khalayak yang haus akan informasi, membuat layanan internet di perpustakaan sangat diperlukan. Fasilitas ini bahkan dipercaya mampu menjawab kebutuhan pengunjung.  Kini, melalui melalui internet perpustakaan, pengunjung dapat dengan mudah menyusuri sumber informasi seperti jurnal, majalah, terbitan berita lokal nasional dan internasional. Tidak hanya itu, layanan ini dapat dilakukan di mana saja, sepanjang pengunjung telah mendapat persetujuan dari perpustakaan. Cukup dengan klik, bacaan yang diinginkan akan muncul.

2. Layanan Fasilitas Komputer

Layanan fasilitas komputer yang disediakan perpustakaan saat ini bisa dibilang full acces. Hal ini bertujuan untuk membantu pengunjung yang tidak membawa laptop dan alat tulis. Artinya, pengunjung tidak mesti membawa alat tulis yang memadai, cukup datang dan nikmati layanan komputer dengan leluasa. Selain itu, fasilitas komputer bertujuan untuk membuat pengunjung merasa nyaman menikmati kemudahan dalam mencari informasi, sehingga proses membaca dan menulis lebih lancar.

3. Layanan Peminjaman Berbasis Media Sosial

Tidak dinafikan, sebagai lembaga informasi, perpustakaan menjadi tumpuan dalam melahirkan generasi  zaman now yang cinta membaca dan menulis. Prospek ini dapat dilihat dari layanan perpustakaan berbasis online. Sumber informasi yang diinginkan pengunjung, dengan mudah diperoleh melalui layanan media sosial facebook, instagram, telegram, dan lainnya. Jadi, pengunjung tidak harus antre meminjam, mengembalikan, atau memperpanjang buku, cukup menggunakan salah satu media sosial yang ada dan informasi yang dibutuhkan telah berada dalam genggaman.

4. Layanan Perpustakaan Keliling

Diketahui layanan perpustakaan keliling saat ini telah banyak memberikan solusi bagi masyarakat. Mulai dari kecamatan hingga desa, layanan perpustakaan keliling mampu menjangkau semua lapisan masyarakat. Selain itu, kemudahan akses internet umumnya tersedia, jadi pengunjung perpustakaan keliling makin betah dan ketagihan menikmati fasilitas yang disediakan.

Semoga keempat informasi mengenai teknologi perpustakaan di atas dapat menarik minat baca masyarakat, sehingga bermanfaat dalam menambah  wawasan. Yuk, Ladies, berkunjung ke perpustakaan!

 

mbok jun wati

Ibu dari 4 Ladies, Menyukai dunia menulis sejak SMU, saat ini terus belajar menerbitkan beberapa tulisan fiksi dan non fiksi (fb: juniawatisalamat, mbokwati18blogspot)
mbok jun wati
mbok jun wati
contributor
Ibu dari 4 Ladies, Menyukai dunia menulis sejak SMU, saat ini terus belajar menerbitkan beberapa tulisan fiksi dan non fiksi (fb: juniawatisalamat, mbokwati18blogspot)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

35 + = 41