[Mariana]

Doakan Orang Lain Maka Kita Akan Bahagia

Hai, Smart Ladies!

Setiap hari kita pasti berdoa, minimal lima kali dalam sehari setelah selesai shalat wajib. Doa diartikan sebagai permintaan atau permohonan kepada Tuhan Yang Maha Pencipta. Seorang hamba pasti meminta dan berdoa kepada Allah untuk mendapatkan yang terbaik bagi kehidupannya.

Apa saja yang biasa kita jadikan doa? Keluarga harmonis, tubuh sehat, bisnis lancar, dan masih banyak lagi permintaan kita. Ada banyak pula waktu-waktu mustajab untuk berdoa, salah satunya di bulan Ramadan ini.

Orang yang banyak berdoa kepada Allah akan memperoleh jalan menuju rahmat dan keridaan-Nya. Kita termasuk ke dalam manusia sombong apabila tidak pernah menengadahkan tangan untuk berdoa.

“Barangsiapa yang tidak mau berdoa kepada Allah maka Allah murka kepadanya. (HR. Turmudzi)

Dan Firman Allah:
“Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina dina.” (QS. Al-Mukmin:60)

Berdoa untuk diri sendiri sudah biasa, tetapi sudahkah kita mendoakan orang lain? Selipkan nama-nama saudara, kerabat, dan teman yang akan kita doakan dengan menyebut namanya dengan jelas. Begitu juga dengan orang-orang di sekitar kita, doakan mereka walaupun kita tidak kenal.

Lakukan setiap hari dan setiap saat, bisa kita lakukan saat ke luar dari rumah, ada warung doakan agar laris, ada anak-anak doakan jadi anak saleh atau salihah, melihat rumah mau dijual doakan agar segera bertemu dengan pembelinya, doakan, doakan, banyak yang bisa kita doakan saat di luar rumah.

Namun, tetap harus berdoa untuk diri sendiri lebih dahulu kemudian barulah untuk orang lain.
“Rasulullah saw. apabila menyebut seseorang lalu mendoakan, didahului dengan dirinya sendiri.” (HR. Turmudzi)

Teruslah berdoa bagi diri sendiri dan orang lain karena dengan mendoakan orang lain maka malaikat yang akan mendoakan kita.

“Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama.” (HR. Muslim)

Islam sangat menjunjung kasih sayang, telah disebutkan bahwa sesama muslim itu bersaudara. Harus saling tolong menolong, bahu-membahu, bahkan dianjurkan saling memberi hadiah.

Hadiah yang paling ringan adalah doa, cukup dengan kata-kata meminta kepada Allah. Tidak memberatkan, tetapi hasilnya dahsyat jika kita istikamah, insyaallah.

Dan doa penulis untuk semua, semoga hari ini kita mendapat rezeki yang berkah untuk apa pun yang Allah berikan.

Aamiin aamiin Yaa Rabbal’Alamiin

(Ed. Dian H. Hendrawan)

About Mariana G

Mariana G

Check Also

Marzy Krisbiyanto, Guru Inspiratif (Foto: Koleksi pribadi Marzy K)

Marzy Krisbiyanto, Guru yang Menambah Cuan Menjadi Editor

Hai, Smart Ladies! Punya guru idola saat sekolah? Bisa, lo, dijadikan kisah yang mengesankan. Terlebih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *