Dahsyatnya Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan Kulit

Halo, Smart Ladies!

Siapa sih, yang tidak tahu teh hijau? Ternyata teh hijau memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit, lo. Buktinya, banyak produk kosmetik berbahan baku teh hijau, mulai dari skincare sampai makeup.

Manfaat teh hijau untuk kecantikan kulit juga bisa diperoleh dengan cara mengonsumsi atau mengaplikasikannya ke seluruh wajah. Ladies penasaran dengan dahsyatnya manfaat teh hijau untuk kulit, bukan? Simak ulasannya, yuk!

1. Merawat Kulit Berminyak

Khusus untuk kulit berminyak, teh hijau bisa menjadi sahabat terbaik karena kandungan taninnya mampu mengontrol produksi sebum yang berlebih. Manfaat teh hijau untuk untuk kecantikan kulit ini benar-benar ampuh.

2. Detoksifikasi Kulit

Kulit kita membutuhkan detoksifikasi dari efek radikal bebas, paparan sinar matahari, bahan kimia yang terdapat dalam produk kecantikan, dan polusi. Nah, teh hijau terkenal ampuh membuang racun dari dalam tubuh karena kandungan phytonutrient (zat kimia alami) dan kandungan antioksidannya yang lebih tinggi dibanding teh hitam.

3. Mengobati Jerawat

Teh hijau bisa dimanfaatkan untuk mengobati jerawat karena kandungan antibakterinya mampu melawan bakteri penyebab jerawat. Namun, bakteri bukanlah satu-satunya penyebab jerawat. Teh hijau akan efektif mengobati jerawat, jika kita meminumnya secara rutin dan menghindari hal-hal yang memicu tumbuhnya jerawat.

4. Mengurangi Bengkak pada Kantung Mata

Mata lelah karena terlalu lama di depan komputer atau kurang tidur bisa menyebabkan kantung mata terlihat bengkak dan kehitaman. Ladies bisa memanfaatkan teh hijau untuk menguranginya.
Caranya, seduh teh hijau, lalu bekukan hingga menjadi es batu. Gunakan es batu tersebut untuk mengompres kantung mata secara perlahan selama 2-3 menit. Mulailah dari daerah dekat hidung ke arah luar, ya, Ladies. Es batu akan menjadikan kulit di sekitar mata lebih segar, sedangkan kandungan kafeinnya akan membantu mengatasi sembap.

5. Memperlambat Penuaan

Teh hijau memiliki kandungan katekin dan polifenol yang tinggi. Kedua senyawa ini merupakan antioksidan yang bisa melawan radikal bebas penyebab penuaan. Mengonsumsinya secara rutin bisa memperlambat munculnya berbagai tanda penuaan seperti kulit kendur, garis-garis halus, bintik kehitaman, serta warna kulit yang kusam.

6. Mengecilkan Pori-Pori

Manfaat teh hijau yang satu ini jarang sekali diketahui orang. Kandungan tanin dalam teh hijau bekerja sebagai antioksidan dan bisa membasmi toksin di wajah.
Nah, Ladies bisa memanfaatkannya menjadi masker. Caranya campurkan bubuk teh hijau dengan air, diamkan sebentar, lalu campur dengan putih telur dan dua sendok teh tepung. Aplikasikan ke wajah dua kali seminggu. Cara ini dapat membantu mengecilkan pori-pori sehingga terlihat lebih flawless.

7. Mencegah Kanker Kulit

Teh hijau memiliki kandungan polifenol yang mampu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, pada teh hijau juga ditemukan kandungan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang ampuh mencegah kanker kulit dengan cara menghambat gen yang menyebabkan munculnya sel kanker.

Ladies, tujuh manfaat teh hijau untuk kecantikan kulit di atas tidak bisa dirasakan secara instan. Kita perlu mengonsumsinya secara teratur dan mengimbanginya dengan pola hidup sehat. Semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Comment