Bukan Sekedar Lezat, Pindang Ikan Gabus Palembang juga Menyehatkan

Halo, Smart Ladies!

Palembang salah satu kota di Provinsi Sumatera Selatan yang memiliki beragam kuliner. Kota legendaris ini menyimpan banyak warisan terutama kuliner seperti, pempek, tekwan, model, gulo puan, telok ukan, martabak telur dan pindang ikan gabus.


Di Palembang, pindang ikan gabus menjadi menu spesial di beberapa rumah makan khas Palembang. Bukan hanya karena kelezatannya, tetapi pindang tersebut memiliki banyak kasiat bagi kesehatan.


Beberapa bumbu masakam pindang ikan gabus beserta khasiatnya, adalah sebagai berikut:


1. Bawang Merah

Bawang merah mengandung zat kalsium, fosfor, zat besi, karbohidrat, vitamin A dan C, yang dapat melancarkan buang air kecil dan buang air besar, mengatasi perut kembung, membunuh kuman, menormalkan sistem syaraf usus, membantu kerja empedu, mengurangi tekanan darah tinggi dan menyembuhkan flu disertai hidung tersumbat.


2. Bawang Putih

Bukan sekadar penyedap rasa, bawang putih memiliki khasiat yang luar biasa, yaitu membuka saluran darah dan antibiotik, mengatasi bronkhitis, arthritis, reumatik, sakit tenggorokan, batuk, flu, infeksi sinus, dan sebagai antitumor.


3. Kunyit

Tumbuhan yang berwarna kuning ini berkhasiat untuk menyembuhkan diabetes melitus, tifus, disentri, usus buntu, keputihan, menstruasi yang kurang lancar, memperlancar ASI, dan mengobati amandel.


4. Jahe

Jahe memiliki aroma yang khas dibandingkan tumbuhan yang lain. Biasanya jahe dijadikan bahan bumbu masakan, campuran minum, karena khasiat jahe dipercaya bisa menghangatkan badan, mengatasi mual, batuk, pegal-pegal, sakit kepala, membersihkan paru-paru, mengatasi rematik, lemah syahwat, penurun kolesterol dan anti pembekuan darah.


5. Laos/ Lengkuas


Laos memiliki tekstur lebih keras dan berserabut dibanding jahe. Berkhasiat untuk menyembuhkan rematik, sakit kepala, obat gosok, kurap, panu, dan banyak lagi khasiat yang lain.


6. Cabai

Cabai mengandung nutrisi penting seperti energi, karbohidrat, gula, serat, lemak, protein, vitamin A, B6, C, zat besi, magnesium, kalium, air dan capsain. Capsain pada cabai inilah yang membuat rasa pedas. Selain itu, cabai juga dipercaya meningkatkan imunitas.


7. Daun Salam


Daun salam mengandung caffeic acid, quercetin, eugenol, dan catechin yang berkhasiat bisa menghalau berbagai jenis kanker, menurunkan berat badan, mengatasi diabetes, melancarkan pencernaan, mengatasi saki kepala, mengurangi rasa pegal, dan melancarkan pernapasan.

8. Nanas

Buah nanas adalah satu buah yang berigi-rigi dan disukai banyak orang untuk campuran rujak. Tapi siapa sangka buanh yang memiliki rasa yang manis banyak mengandung vitamin C sebagai penangkal radikal bebas, menjaga kesehatan jantung, menurunkan kadar lemak, imunitas, melancarkan pencernaan dan masih banyak lagi.


9. Kemangi

Kemangi adalah tumbuhan yang biasa dijadikan lalap dan campuran masakan. Rasanya yang khas membuat beberapa orang terkadang tidak menyukainya, tetapi taukah Ladies, kemangi juga berkhasiat menghilangkan bau badan.


10.  Ikan Gabus


Ikan gabus adalah jenis ikan yang hidup di sungai. Ikan tersebut memiliki protein yang lebih tinggi 25,5% dibandingkan ikan sungai lainnya. Ikan gabus juga mengandung albumin yang dibutuhkan manusia terutama proses penyembuhan luka.


Cara masaknya pun sangat mudah, semua bahan ditumbuh kasar, lalu masukan ke dalam panci dan direbus bersama ikan.

Oke, Ladies, jika jalan-jalan ke kota Palembang, jangan lupa mencicipi pindang ikan gabus, ya.

About Disti Liana

Disti Liana
Be a good mother

Check Also

Aneka Resep Kale sang ‘Superfood’. Coba Praktikkan, Yuk!

Hai, Smart Ladies! Siapa sangka sayuran hijau bisa begitu keren? Yaps, kale si hijau superfood …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *