Bisakah Menghadapi “Micro Teaching” dalam Waktu 1 jam? Ada 3 Hal, lo, yang Harus Dikuasai!

Halo, Smart Ladies!  Apakah Ladies tahu, apa yang disebut micro teaching? Micro teaching adalah percobaan mengajar yang dilakukan seseorang untuk menjadi guru di suatu sekolah atau lembaga kursus. Ada tiga hal yang harus dikuasai saat micro teaching, yaitu RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan bahan rancangan pembelajaran yang akan disampaikan kepada siswa yang harus disusun secara matang. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan RPP, yaitu topik, subjek, gol yang hendak dicapai, opening, main, dan closing.

Mari kita bahas sedikit mengenai langkah-langkah dalam RPP ini! Topik adalah hal pokok umum yang akan dibahas di kelas. Subjek adalah hal yang akan diajarkan. Opening adalah kegiatan untuk mengawali dimulainya kelas. Opening biasanya diisi dengan ulasan materi yang paling akhir atau diisi kegiatan gim. Main adalah kegiatan utama dalam pembelajaran di antaranya menerangkan tentang materi, memberikan soal sekaligus membahasnya. Yang terakhir adalah closing sebagai kegiatan penutup, bisa diisi dengan kesimpulan materi.

Materi

Materi merupakan bahan ajar yang hendak disampaikan kepada para siswa. Materi yang disampaikan juga harus sesuai RPP. Seorang (calon) guru dalam kegiatan micro teaching haruslah menguasai materi dengan baik. Adapun materi meliputi modul maupun soal-soal latihan.

Manajemen Kelas

Kelas merupakan tempat belajar dan mengajar. Di dalam kelas, seorang guru harus pintar dalam manajemen kelas. Manajemen kelas ini merupakan kegiatan-kegiatan yang diupayakan oleh (calon) guru untuk menciptakan situasi kelas yang kondusif dan menyenangkan bagi siswa. Hal ini dilakukan dalam rangka tercapainya tujuan pembelajaran sehingga memungkinkan siswa untuk berkembang dalam segala aspek sesuai tujuan yang sudah tercantum dalam RPP.

Nah, tiga hal itulah yang harus dikuasai oleh Smart Ladies pada saat kegiatan micro teaching. Persiapkanlah sebelum masuk kelas, yaitu mulai dari RPP, materi, dan cara manajemen kelasnya agar siswa bisa menerima materi dengan baik. Kita bisa merencanakannya sebagus mungkin. Jadi, Smart Ladies, kuasailah materi yang akan diajarkan agar mudah membuat RPP dan materi soal latihan, serta manajemen kelas.

About Linda Yuniarti

Linda Yuniarti

Check Also

Marzy Krisbiyanto, Guru Inspiratif (Foto: Koleksi pribadi Marzy K)

Marzy Krisbiyanto, Guru yang Menambah Cuan Menjadi Editor

Hai, Smart Ladies! Punya guru idola saat sekolah? Bisa, lo, dijadikan kisah yang mengesankan. Terlebih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *