Gambar oleh StockSnap dari Pixabay

Biasakan Membaca Buku Sejak Dini dan Temukan Manfaatnya

Hai, Smart Ladies.

Sebagian orang tua merasa malas bahkan enggan meluangkan waktu untuk membacakan buku kepada buah hatinya. Mereka mungkin berpikir bahwa si kecil belum mengerti jika dibacakan sebuah cerita.

Tahukah Ladies, kebiasaan baik membaca buku sudah bisa dilakukan semenjak bayi masih di dalam kandungan. Ketika usia kehamilan memasuki tiga bulan. Pada masa ini, ia telah dapat mendengar bunyi-bunyian dan baik percakapan maupun suara lain  dari luar perut ibunya. Tak jarang, banyak orang tua yang memperdengarkan musik atau pun murotal Al-Qur’an kepada sang bayi.

Selain itu, kegiatan membaca juga berdampak baik untuk bayi, lo. Yuk, simak apa saja manfaatnya?

1. Membangun Percaya Diri

Dengan dibiasakan membaca sejak dini, anak akan mempunyai bekal dalam bertutur kata. Hal ini dapat menumbuhkan rasa percaya tinggi yang bagus pada anak. Perbendaharaan kosakata yang ia dapat akan tersimpan rapi di otak  sehingga akan sangat mudah diajak berbincang-bincang dengan orang lain.

2. Memperbanyak Kosakata

Dengan membaca, perbendaharaan kata baru akan kita dapatkan. Selain itu, anak akan dengan mudah bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungan.

3. Meningkatkan Memori

Otak merupakan organ tubuh yang luar biasa. Fungsinya adalah mengingat hal-hal dengan mudah. Masa keemasan anak merupakan masa yang sangat tepat untuk diberikan asupan positif karena fungsi otak bekerja dengan maksimal. Setiap kata yang kita baca akan tersimpan dengan baik oleh otak.

4. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Ketika Ladies membacakan buku, perhatian anak akan terfokus pada cerita. Seakan-akan dunia lain hilang begitu saja. Pada saat inilah, anak dapat melibatkan diri dalam setiap detail yang ia rasakan. Daya konsentrasinya juga terlatih pada saat membaca. Semakin sering anak membaca maka kemampuan konsentrasinya akan meningkat.

5. Meningkatkan Kecerdasan

Salah satu cara paling murah, mudah, dan dapat langsung dilakukan untuk mempertajam kemampuan otak adalah membaca. Pernahkah kita berpikir bahwa anak bisa menyelesaikan permasalahannya lewat membaca? Tanpa disadari tingkat kecerdasan anak terlatih melalui membaca. Anak akan dengan mudah memproyeksikan apa yang ia baca melalui kehidupan nyata.

Lalu mengapa harus buku? Bukan artikel dan koran? Buku adalah media yang lebih mudah mengikat dan membaur dengan pikiran para pembaca. Melalui bukulah anak bisa berimajinasi sesuai dengan pemikiran mereka. Memang membutuhkan usaha yang tidak instan dan tidak mudah. Dalam hal ini, peran orang tua sangatlah diperlukan. Agar termotivasi mengajarkan anak untuk membiasakan diri dengan buku bacaan. Pastikan untuk selalu mengingat pentingnya manfaat membaca buku pada anak, ya, Ladies.

About Mufrida Wahyuningsih

Mufrida Wahyuningsih
A mom, a wife, and a woman.

Check Also

R(asa)

  Oleh : Sukma Widya   Semua bermula dari satu kata bernama rasa. Rasa yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *