Berjemur Aktivitas Ringan Yang Menyehatkan

Hai, Ladies!

Bukan sebuah fenomena baru lagi, kalau sekarang sinar matahari menjadi sesuatu yang dirindukan setiap pagi. Hangatnya sinar pagi dipercaya dapat membantu meningkatkan imunitas. Ini menjadi salah satu solusi ikhtiar kita untuk mencegah paparan koronavirus di tengah pandemi ini. Untuk sebagian kalangan, kegiatan berjemur menjadi agenda rutin yang wajib dilakukan.

Sebelum mengetahui waktu yang tepat kapan baiknya kita berjemur, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu manfaat berjemur bagi kesehatan. Berikut manfaat berjemur yang perlu Ladies ketahui.

  1. Sinar Matahari di Percaya Dapat Meningkatkan Produksi Vitamin D

Kita  membutuhkan vitamin D untuk nutrisi kesehatan tulang dan otak. Oleh karena itu, tubuh manusia perlu mendapat paparan sinar matahari sekitar 15−30 menit. Salah satu masalah pada tulang jika kekurangan sinar matahari adalah terkena rakitis. Nah, penting banget bukan, manfaat berjemur.

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Fungsi lain dari sinar matahari adalah meningkatkan sistem imun. Sistem imun ini yang menjadi pertahanan tubuh dalam melawan bakteri dan virus penyebab penyakit karena dalam sejumlah penelitian virus sulit bertahan dalam cuaca yang panas.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Selain dapat meningkatkan sistem imun, ternyata paparan sinar matahari juga bisa menurunkan  . Bagaimana mekanisme kerjanya? Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan risiko penyakit jantung karena kolesterol dapat menumpuk di pembuluh darah dan membentuk plak, adanya plak pembuluh darah menjadi sempit dan menyulitkan darah kaya oksigen dan nutrisi mengalir ke jantung atau ke seluruh tubuh.

Peranan sinar matahari di sini, yaitu membantu tubuh untuk memproduksi vitamin D. Sinar matahari bermanfaat untuk jantung, dengan mengubah kolesterol yang terdapat dalam kulit menjadi vitamin D3. Secara tidak langsung, mekanisme ini membantu tubuh menurunkan kadar kolesterol.

  1. Sinar Matahari Dapat Memberikan Rasa Bahagia

Saat melihat jemuran bisa kering dalam waktu cepat, jemuran terbebas dari bau apek, saat itu ada perasaan bahagia, bukan? Selain itu, ternyata hormon serotoin, hormon yang dapat membuat perasaan bahagia, bebas dari stres itu dapat pula ditingkatkan dari paparan sinar matahari. Tidak menyangka, ‘kan, kalau sinar matahari dapat pula  memberi rasa bahagia? Saat kita merasa bahagia maka tidur kita pun dapat pulas.

Nah, lalu kapan waktu yang tepat berjemur? Jangan terlalu pagi, ya, Ladies, karena paparan sinar mataharinya kurang mencukupi. Jangan terlalu siang juga karena berisiko dengan kesehatan kulit. Berjemur lebih bagus sekitar jam 8−10 pagi karena sinar UV di waktu tersebut aman bagi kulit. Kegiatan berjemur akan lebih mengasyikkan saat kita iringi dengan melakukan kegiatan, misalnya berkebun, menyiram tanaman atau kegiatan yang bermanfaat lainnya.

Demikian ulasan mengenai manfaat dan waktu yang tepat untuk berjemur, Ladies. Tunggu apalagi? Yuk, agendakan kegiatan ini.

 

 

 

About safriyani nurkhasanah

safriyani nurkhasanah

Check Also

Zat Adiktif dalam Makanan, Kegunaan, dan Dampaknya Terhadap Kesehatan

Hai, Smart Ladies! Wanita adalah yang pertama dan utama sebagai penjaga kesehatan diri sendiri dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *