Berenang Bersama Ikan Dewa. Berani Ladies?

Berenang Bersama Ikan Dewa. Berani Ladies?

Smart Ladies

Kuningan, kota kecil di Jawa Barat ini memang memiliki banyak destinasi wisata alam. Cibulan adalah salah satu objek wisata alam yang terkenal dari dulu hingga sekarang.

Dua kolam renang sebagai objek wisata utama serta tujuh sumur mata air dengan nama berbeda, bisa kamu lihat di Cibulan.

Uniknya kolam renang tersebut berisikan ikan antik warisan budaya yang dikenal dengan nama ikan dewa.

Mengapa dinamakan demikian? Konon ikan tersebut adalah jelmaan prajurit yang membangkang pada sang raja, Prabu Siliwangi. Oleh sebab itu, mereka pun dikutuk menjadi ikan. Selain itu, keanehan lainnya timbul setiap kolam ini dibersihkan. Ikan-ikan ini akan hilang dengan sendirinya, lalu saat kolam terisi penuh lagi, ikan tersebut kembali muncul. Hmm … benar-benar unik, ya, Ladies?

Buat Ladies yang ingin berenang, jangan khawatir, ikan-ikan ini sangat jinak, kok. Mereka tidak akan menggigit atau mengganggu siapa saja yang berenang di sana.

Untuk bisa memegangnya, kita harus minta bantuan sang pawang ikan yang berada di area obyek wisata.

Ikan yang berwarna abu-abu kehitaman ini sering disebut sebagai “kancra bodas”. Memiliki kepala berbentuk ikan mas, namun tubuhnya seperti ikan arwana. Ukurannya pun beragam, dari 20 sentimeter, sampai yang panjangnya mencapai 1 meter.

Ikan Dewa dipercaya sebagai ikan istimewa yang membawa berkah bagi siapapun yang bisa menyentuhnya, lo.
Belakangan ini legenda tersebut terus tersebar dari mulut ke mulut hingga banyak masyarakat berdatangan dari berbagai kota untuk membuktikannya.

Terlepas dari benar tidaknya semua cerita tentang ikan ini, kita patut menghargai bahwa mitos tersebut adalah upaya konservasi dari leluhur agar ikan dewa terjaga kelestariannya. Karena ikan yang secara ilmiah dinamakan Tor Soro ini, termasuk dalam golongan hewan langka yang memiliki banyak manfaat. Ikan dewa pun dibandrol dengan harga tinggi dibandingkan ikan lainnya.

Jadi, buat Ladies yang penasaran dengan ikan dewa, datang saja ke Desa Manis Kidul, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Rasakan sensasi berenang dikelilingi ikan dewa yang unik!

Sumber gambar utama : jabar.tribunnews.com

Ai Qurotul Ain

An ordinary mama, ibu dari dua anak, sedang belajar menekuni dunia literasi
Ai Qurotul Ain
Ai Qurotul Ain
contributor
An ordinary mama, ibu dari dua anak, sedang belajar menekuni dunia literasi

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

77 − = 71