InpirasiLifestyle

Belajar Food Preparation, Why Not? (Bagian Pertama)

Belajar masak tidaklah menyenangkan bagi sebagian orang, karena banyak teknik-teknik memasak yang sulit dikuasai. Terkadang, karena repot atau tidak punya waktu cukup, orang-orang jadi malas belajar masak. Padahal, banyak sekali rahasia dapur yang akan sangat membantu jika kita tahu.

Salah satu rahasia itu ada pada food preparation (yang sering dikenal dengan food prep). Dengan food prep, kemudahan memasak akan didapatkan. Kegiatan yang bagi sebagian orang terasa susah ini akan lebih mudah dan menyenangkan untuk dilakukan. Ladies bisa ketagihan berada di dapur dan bereksperimen mengolah beragam menu baru.

Jadi, Smart Ladies, apa itu food prep?

Definisi umum food prep adalah suatu metode yang mengubah bahan baku mentah (seperti buah, sayur, daging, ikan, biji-bijian, dan lain-lain) menjadi bahan siap masak. Biasanya di dalamnya ada proses seperti membersihkan, mengupas, memotong, dan mencampur bahan masakan. Kemudian, disimpan dalam lemari pendingin (kulkas), guna menjaga kualitas bahan masakan agar awet sesuai kurun waktu tertentu yang disesuai dengan jenis bahan baku mentahnya.

Mempelajari food prep tentu akan memberikan banyak manfaat terutama bagi kaum ibu seperti kita ya, Ladies.  Kita jadi bisa belajar merencanakan dan belajar arti kegagalan. Benar memang, tidak selamanya berjalan mulus. Trial error itu sudah semestinya ditemukan dalam food prep. Dari sini, akhirnya kita akan mengetahui banyak hal, seperti berapa lama masa simpan bahan serta bagaimana menyimpan bahan tertentu. Oleh karenanya, ekspektasi awal bagi yang baru memulai, jangan terlalu serba sempurna, pelan-pelan saja sambil belajar dan konsisten menjalankannya.

Tujuan dari food prep itu berbeda-beda tergantung masing-masing individu. Berikut adalah beberapa tujuan food prep secara umum:

  1. Menambah skill memasak
  2. Menghemat waktu dalam memasak
  3. Mood memasak jadi lebih terjaga
  4. Selalu ada masakan di rumah
  5. Menu masakan bervariasi
  6. Lebih sehat dan hemat
  7. Sustainable life, zerowaste, food waste
  8. Rapi dan teratur
  9. Mindful cooking, memasak dengan penuh kesadaran.

Food prep menjadi sebuah solusi bagi siapa saja dengan tujuannya masing-masing. Ada yang ingin masak menjadi cepat, ada yang merasa kurangnya waktu me time karena sibuk urusan perdapuran, ada pula yang menginginkan hidup sehat dengan memasak masakan sendiri.

Inilah langkah-langkah memulai food prep yang bisa Ladies lakukan:

  1. Memeriksa stok bahan yang ada di dapur atau kulkas
  2. Membuat menu masakan. Boleh setiap tujuh hari atau sepuluh hari. Bebas, sesuaikan dengan gaya keluarga masing-masing
  3. Membuat daftar belanja
  4. Menyiapkan alat saat belanja dan food prep
  5. Happy shopping, ingat sesuai kebutuhan, ya
  6. Do Food Prep.

Setelah menyiapkan semuanya, mulailah dengan mengklasifikasikan bahan sesuai jenisnya. Dan pelajari juga lama masa simpan di kulkas. Pada umumnya ada protein hewani (daging merah, ayam, ikan, udang), protein nabati (tahu, tempe, toge), sayuran (berdaun, keras), rimpang-rimpangan, cabai, serta bawang.

Ladies, bagaimana cara menyiapkan masing-masing bahannya? Simak pada artikel bagian kedua dilengkapi tips dan trik, ya!

 

Show More

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close