Mempersiapkan Jaminan hari Tua
Mempersiapkan Jaminan hari Tua (Jawapos.com)

Ini Dia 8 Trik Cerdas Mempersiapkan Jaminan Hari Tua (JHT) Buat Para Perempuan Produktif

Hai, Smart Ladies!

Sebagai perempuan usia produktif, sudahkah Ladies mempersiapkan jaminan hari tua (JHT) kelak?

Ramai pemberitaan di berbagai media daring mengenai kisruh pencairan dana jaminan hari tua bagi pegawai yang bekerja di pemerintahan dan swasta.

Dana jaminan hari tua, bagi sebagian orang merupakan salah satu persiapan untuk menata kehidupan di masa tua kelak, apabila sudah tidak produktif lagi.

Tidak produktif dalam segi usia, karena sudah pensiun atau karena tidak ada lagi aktivitas yang rutin menghasilkan uang setiap bulannya.

Ada banyak orang yang mengatakan, di usia produktif inilah kita mempersiapkan segalanya untuk hidup dengan tenang dan damai di hari tua nanti.

Bagi perempuan produktif seperti Anda, Ladies, ingin menikmati pensiun dari segala aktivitas di usia berapa, bisa ditentukan sejak dini, lo.

Oleh karena persiapannya butuh waktu yang lumayan lama, misal Ladies ingin pensiun di usia 50-an, dan saat ini masih usia 30-40 tahun. Berarti ada jeda sekitar 10 tahunan untuk mempersiapkan segalanya, mulai dari sekarang.

Persiapan Jaminan Hari Tua (AntaraNews.com)
Persiapan Jaminan Hari Tua (AntaraNews.com)

Mari kita lihat 8 trik cerdas mempersiapkan jaminan hari tua ala perempuan produktif yang dirangkum dari berbagai sumber:

  1. Rutin Menabung  

Dalam mempersiapkan dana jaminan hari tua, baik melalui tabungan atau investasi, tidak pernah ada istilah terlalu dini untuk memulai.  Rutin menabung bisa dimulai kapan saja. Jika baru memulai, fokuslah pada penghematan sebanyak yang bisa dilakukan.

  1. Mampu Memperhitungkan dengan Cermat, Kebutuhan Primer di Usia Tua Kelak

Mengetahui sejak awal, kira-kira seberapa banyak kebutuhan yang berkaitan dengan kebutuhan primer termasuk biaya kesehatan.

Dengan demikian, akan lebih mudah menentukan jenis investasi yang akan dilakukan dengan perkiraan hasil yang maksimal.

Perencanaan yang tepat untuk menetapkan tolok ukur atas semuanya, akan sangat membantu jaminan hari tua. Seperti berapa banyak penghasilan yang perlu Ladies investasikan dan simpan.

  1. Berhemat dan Menekan Pengeluaran Sesuai Kebutuhan, Mulailah dari Sekarang  

Fokus menabung mulai hari ini, terutama jika kita baru saja mulai mempersiapkan uang untuk masa tua. Mulailah menabung dan berinvestasi sebanyak mungkin. Lalu, biarkan aset tersebut berkembang untuk menghasilkan pendapatan terbaik.

Usahakan hasil investasi tersebut jangan diambil. Lakukan investasi kembali untuk mendapatkan hasil yang berlipat nantinya. Tersebab  makin banyak Ladies dapat berinvestasi saat muda, makin baik Anda menikmati hasilnya nanti.

  1. Melakukan Investasi Jangka Panjang

Mari cek kembali bagaimana anggaran untuk rencana investasi jangka panjang. Misalnya, kita perlu memangkas biaya kebiasaan makan di luar atau pengeluaran lainnya.

Kalau perlu, gunakan aplikasi anggaran daring di HP supaya lebih mudah memantau cashflow. Dengan demikian, aplikasi tersebut dapat membantu kita menentukan ke mana uang dibelanjakan dan cara membuat anggaran yang baik.

  1. Jangan Lupa, Catat Kebutuhan Jelang Hari Tua dalam Anggaran Bulanan  

Dana jaminan hari tua itu, perlu disiapkan saat kita mendata kebutuhan apa saja ketika memasuki usia tidak produktif nanti. Catat semua kebutuhan untuk persiapan hari tua nanti dalam anggaran bulanan agar tidak mengalami jetlag.

  1. Dana Darurat, Jangan Lupakan

Dana darurat idealnya dalam bentuk tabungan yang bisa dicairkan setiap saat. Besarannya sekitar enam kali dari penghasilan bulanan.

Dana darurat ini sangat penting untuk Ladies siapkan saat menghadapi kondisi darurat semisal kecelakaan atau sakit. Jika tidak dipersiapkan, Anda akan terjebak utang yang justru makin membebani nantinya.

  1. Usahakan Mencari Side Job sebagai Dana Sampingan

Jika penghasilan dari pekerjaan utama saat ini dirasa kurang mencukupi kebutuhan hidup, solusinya adalah mencari karier dan penghasilan yang lebih baik lagi. Misalnya berjualan daring atau apa pun itu.

Namun, usaha sampingan ini jangan sampai mengganggu pekerjaan utama agar tetap bisa bekerja secara profesional. Tahukah Ladies, kelak jika pensiun, usaha sampingan tersebut tetap bisa dilanjutkan, lo.

  1. Lakukan Evaluasi secara Berkala Terkait Persiapan Dana Jaminan Hari Tua

Masa tua, mestinya menikmati hasil kerja selama masih usia produktif. Karier yang sukses saat ini harus diimbangi dengan perencanaan keuangan yang matang sehingga kehidupan dan keluarga menjadi lebih baik lagi.

Demikianlah trik-trik yang bisa Smart Ladies lakukan, demi meniti hari tua yang bahagia, tanpa memikirkan kekhawatiran (overthingking) yang berlebihan.

Jadi, perihal dana jaminan hari tua itu masih sangat banyak caranya, apalagi Anda para perempuan usia produktif.

Semoga bermanfaat, yaa..

 

About nova yulfia

nova yulfia
seorang ibu 4 anak yang menggemaskan penyuka dunia literasi

Check Also

Yuk, Intip 5 Tips Menghadapi Kenaikan Harga

Halo, Smart Ladies! Sebagai ibu rumah tangga, Ladies tentu akrab dengan istilah inflasi. Inflasi merupakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *