Joeragan artikel

Atasi Bayi Malas Makan dengan 6 Makanan Enak Ini

Halo, Smart Ladies.

Semakin bertambah usia bayi, semakin banyak hal yang bisa membuatnya kehilangan nafsu makan. Menu MPASI yang biasanya habis dalam sekejap, bisa saja ditolak anak tanpa sebab. Nah, kalau sudah berurusan dengan mogok makan, pasti kita akan khawatir dan bingung karena takut si kecil jatuh sakit atau kekurangan nutrisi.

Kemungkinan ini akan terjadi ketika usia anak sudah lebih dari 6 bulan karena ASI saja sudah tidak bisa mencukupi kebutuhan nutrisinya. Sebenarnya, hal ini bisa diatasi dengan menggunakan suplemen makanan. Saat ini, banyak beredar suplemen makanan dengan kemasan yang menarik. Namun, sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter sebab lebih baik bayi mengonsumsi makan alami saja. Nah, ini dia solusi buat Ladies yang tidak mau memberikan suplemen penambah nafsu makan kepada anak. Beberapa makanan alami ini ternyata berkhasiat bisa menambah nafsu makan, lo.

1. Kayu Manis

Kayu manis bisa menambah aroma dan cita rasa. Kalau anak kita sedang kehilangan nafsu makan, coba bubuhkan sedikit bubuk kayu manis pada menu MPASI si kecil. Sebenarnya, tidak harus menggunakan kayu manis bubuk, kita juga bisa menggunakan sebatang kecil kayu manis saat merebus kentang untuk MPASI. Kayu manis mengandung hydroxychalcone yang efektif meningkatkan nafsu makan anak dan orang dewasa. Kayu manis sebaiknya baru diberikan kepada anak yang sudah berusia di atas 8 bulan.

2. Jahe

Jahe tidak hanya berfungsi untuk menghangatkan tubuh dan memperkuat rasa makanan, tetapi juga efektif meningkatkan nafsu makan pada anak. Meski rasanya pedas, jahe aman untuk bayi asal tidak diberikan dalam jumlah terlalu banyak. Jahe mengandung kalsium, fosfor, zat besi, vitamin, magnesium, dan masih banyak lagi.

3. Kunyit

Kita bisa memasukkan kunyit segar atau menaburkan bibit kunyit ke menu MPASI. Selain meningkatkan nafsu makan, kunyit juga berfungsi untuk meredakan demam dan meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung senyawa antibakteri, antioksidan, dan antiinflamasi. Namun, pastikan usia si kecil lebih dari 8 bulan, ya.

4. Daun Mint

Laman Mom Junction menyebutkan bahwa sebenarnya mint dapat menekan nafsu makan anak, tetapi tidak lama setelah itu, mint akan membuat sangat kelaparan. Kalau sudah begini, anak akan semakin lahap menghabiskan semua makanan yang kita sajikan. Mint bisa ditambahkan ke dalam susu.

5. Temu Lawak

Sudah bukan rahasia lagi kalau temu lawak bisa meningkatkan nafsu makan anak. Kita bisa menambahkan temu lawak pada makanan si kecil, tetapi jangan terlalu banyak karena bisa mengubah rasa dan aromanya.

6. Kacang-kacangan

Kacang merupakan sumber zinc yang sangat baik. Zinc dapat membantu melancarkan pencernaan dan meningkatkan selera makan anak. Namun, banyak anak yang alergi kacang, jadi sebaiknya bayi memang tidak mengonsumsi kacang utuh, keras, atau dalam bentuk yang berpotensi membuat anak tersedak. Untuk lebih amannya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Perlu Ladies ingat bahwa pemberian bahan makanan di atas baru bisa dilakukan setelah anak berusia 8 bulan dan sudah mendapatkan persetujuan dokter. Semoga bermanfaat.

 

sumber gambar utama : haibunda.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× Hubungi Kami