Penggunaan tabir surya
penggunaan tabir surya sunblock dan sunscreen (pixabay)

Apa Beda ‘Sunscreen’ dan ‘Sunblock’? Ladies Harus Tahu, Nih, Biar Kita Tetap Awet Muda

Hai, Smart Ladies!

Ladies, sudah siap meng-glowing tahun ini dengan tabir surya?

Tabir surya merupakan produk perawatan kulit yang dapat melindungi wajah dari paparan sinar matahari, di antaranya suncreen dan sunblock. Namun, apa bedanya antara suncreen dan sunblock yang memiliki fungi yang sama tersebut?

Suncreen belakangan ini ramai dibicarakan orang, terkait dengan banyaknya orang tampil di media sosial dengan wajah tanpa makeup. Namun, tampilan kulit wajah yang terlihat sehat alami.

Sementara sunblock adalah tabir surya yang identik dengan pemakaian produk kala kita akan keluar rumah yang sarat paparan sinar matahari.

Secara ringkas, sunscreen bekerja untuk memfilter dan menyerap sinar UV, lalu mengubahnya menjadi energi panas yang dikeluarkan melalui kulit.

Sementara sunblock mampu mencegah sinar UVA dan UVB yang masuk ke dalam kulit dengan melakukan perlindungan di atas permukaan kulit.

Dirangkum dari berbagai sumber, mari kita simak uraian tentang beda keduanya supaya tidak keliru dan kulit wajah terlindungi dengan optimal.

Sunscreen

Krim yang satu ini merupakan pelindung ringan dari paparan sinar matahari. Oleh karenanya, sunscreen banyak mengandung UVB sebagai bahan dasar perlindungan supaya kulit tidak terbakar sinar matahari. Jika Ladies tidak menggunakannya, maka kulit akan cepat menggelap.

Namun, seiring berjalannya waktu, sekarang sunscreen mulai melindungi kulit secara optimal dengan mengombinasikan antara UVB dan UVA.

Untuk komposisinya, biasanya sunscreen mengandung Octylcrylene, Avobenzone (filter UVA yang paling stabil jika terurai di bawah matahari), Octinoxate, Octisalate, Oxybenzone, Homosalate, Helioplex, 4-MBC, Mexoryl SX dan XL, Tinosorb Sdan M, Uvinul T 150, dan Uvinul a Plus.

Manfaat Sunscreen

Adapun manfaat dari suncreen, yaitu:

-menghindari wajah dari paparan langsung sinar matahari;

-mencegah kanker kulit. Tentu jika menggunakan suncreen yang mengandung perlindungan dari sinar UVA;

-mencegah penuaan dini, dari sunscreen dengan SPF minimal 30;

-mencegah komedo;

-mencegah kulit terbakar.

Sunblock

Sunblock identik dengan penggunaan krim saat keluar rumah, ke pantai misalnya, dan aneka kegiatan luar ruangan di cuaca yang terik.

Namun, tak jarang juga produk kecantikan yang mengeluarkan sunblock sudah masuk ke dalam skincare harian. Kemampuan sunblock,  yaitu menangkal sinar UVA dan UVB.

Komposisi Sunblock

Sunblock biasanya memiliki dua kandungan utama, yaitu berisi kandungan mineral seperti zinc oksida dan titanium dioksida.

Zinc oksida adalah mineral sintetik yang bertugas untuk memecah panas dan energi yang dilepaskan oleh sinar UV, menghalangi radiasi sinar UV, bahkan sebelum mencapai permukaan kulit.

Zinc oksida merupakan zat yang memiliki kandungan anti-iritasi dan dapat melindungi kulit sensitif. Sementara, titanium dioksida adalah mineral alami yang memilki kemampuan reflektif dan kestabilan yang baik sehingga tidak akan terurai di bawah sinar matahari.

Manfaat Sunblock

Berikut manfaat dari sunblock adalah:

  • menangkal efek buruk dari sinar UVA dan UVB, yang mana semua sunblock pasti memiliki kandungan ini;
  • terbebas dari kulit terbakar;
  • memaksimalkan penyerapan nutrisi pada kulit. Yang mana penyerapan nutrisi pada kulit dari produk kecantikan yang digunakan, makanan yang tak bisa terserap maksimal jika kulit tidak sehat, dan terlindungi maksimal dari sinar matahari.
  • kulit terlihat awet muda;
  • menjaga kelembapan alami kulit.

Lantas, di antara kedua skincare tersebut, produk mana yang terbaik, Ladies?

Nah, sunscreen dan sunblock pada dasarnya sama-sama berfungsi optimal untuk mencegah efek buruk sinar UV pada kulit, kok.

Tinggal kita melihat lagi kandungan apa saja yang dibutuhkan oleh kulit pada saat itu. Untuk penggunaan sehari-hari yang tak selalu terpapar cahaya matahari, pakai sunscreen saja pun bisa sudah cukup.

Sementara sunblock, bisa Ladies gunakan saat sedang menghabiskan waktu yang lama di bawah sinar matahari atau ke luar rumah.

Ada pun yang menjadi perhatian penting adalah kandungan SPF yang tinggi pada sunblock ataupun sunscreen. Kandungan SPF dapat  melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Terakhir, pastikan juga untuk mengaplikasikan suncreen dan sunblock secara berkala agar efeknya tetap maksimal pada kulit wajah kita. Semoga bermanfaat, Ladies..

 

 

 

 

About nova yulfia

nova yulfia
seorang ibu 4 anak yang menggemaskan penyuka dunia literasi

Check Also

Inilah Keunggulan dan Manfaat MSI Diamond Beauty Body Lotion (Produk All in One)

 Hai, Ladies! Masih bingung ingin menggunakan produk apa  untuk perawatan kecantikan kulit? Kita semua pasti …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *