Aneka ResepKuliner

Aneka Resep Kale sang ‘Superfood’. Coba Praktikkan, Yuk!

Hai, Smart Ladies!

Siapa sangka sayuran hijau bisa begitu keren? Yaps, kale si hijau superfood ini memiliki nutrisi yang tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan. Kale juga memiliki ragam jenis yang banyak dengan keunikan warna, tekstur, dan rasa pada tiap jenisnya. Tanaman kale ini bermanfaat bagi kesehatan antara lain bagi mata, kulit, tulang, membantu proses metabolisme tubuh, mencegah anemia, kaya antioksidan, dan antiinflamasi hingga menjadikannya sebagai salah satu sayuran favorit para pecinta makanan sehat.

Kale mempunyai rasa agak pahit dengan tekstur agak kasar dan crunchy dibandingkan dengan sayuran hijau lainnya. Meski demikian, Ladies masih tetap bisa mengolahnya menjadi sajian lezat menggugah selera. Kale bisa diolah dengan banyak cara. Ladies bisa menjadikannya sebagai campuran pada salad, smoothie, sup, atau resep lainnya yang biasa Ladies gunakan.

Berikut ini aneka resep kale yang dapat Ladies praktikkan:

Kale Salad dengan Apel dan Keju Cheddar

Bahan:

3 sdm sari lemon
2 sdm minyak zaitun (extra virgin olive oil)
1 sdm madu
¼ sdt garam
⅛ sdt lada bubuk
Kale (cuci, buang batang, potong-potong daunnya)
1 buah apel (iris tipis)
Biji chia, wijen, atau aneka kacang kering seperti almond secukupnya
Keju cheddar (parut atau potong dadu kecil)

Cara membuat:

Campur sari lemon, minyak zaitun, madu, garam, dan lada pada mangkuk besar. Masukkan kale dan remas-remas hingga bercampur dengan bumbu dan teksturnya lebih lembut (volume kale akan menjadi menyusut). Tambahkan irisan apel, aneka kacang, atau biji chia,  dan keju cheddar, lalu aduk rata. Salad siap disajikan.

Kale Smoothie

Bahan:

1-2 lembar kale (cuci, buang batang dan potong-potong daunnya)
Pisang (frozen lebih baik)
Nanas (frozen lebih baik)
1 sdm sari lemon
Air kelapa

Cara membuat:

Campur kale dan air kelapa, blender hingga lembut, lalu tambahkan pisang, nanas, dan sari lemon. Blender kembali hingga semua bahan lumat dan halus.

Catatan: sebaiknya menggunakan blender kecepatan tinggi untuk hasil yang lebih lembut. Air kelapa dapat diganti dengan susu sapi, susu kedelai, air biasa atau jus buah.

Keripik Kale

Kale (cuci, buang batang dan potong-potong daunnya)
2 sdm minyak zaitun/canola
¼ sdt garam
¼ sdt lada bubuk
¼ sdt bawang putih bubuk
½ sdt oregano kering
1 sdm sari lemon

Cara membuat:

Panaskan oven pada suhu 180 °C dan siapkan loyang dengan parchment paper atau oleskan minyak/margarine agar tidak lengket. Campur minyak dan bumbu hingga rata, lalu masukkan kale. Aduk rata hingga permukaan daun kale terbalut bumbu. Tidak perlu diremas.

Ratakan di loyang dan pastikan tidak ada daun yang bertumpuk agar kale matang sempurna. Panggang selama 10—15 menit hingga tepi daun kecokelatan. Dinginkan terlebih dahulu sebelum disimpan agar keripik kale tetap renyah.

Dolmas Kale

16 daun kale ukuran sedang (jenis pagoda) untuk membungkus

Bahan isian:

Beberapa lembar daun kale yang sudah dipotong-potong
1 sdt lemon zest (kulit lemon parut)
1½ sdm sari lemon
¾ sdt garam
¼ sdt lada bubuk
1 sdm extra virgin olive oil
1 buah bawang bombay ukuran sedang, potong dadu
3 buah bawang putih, cincang halus
2—4 sdm air
500 gram daging giling (sapi/kambing)
2 cup (mangkuk kecil) nasi
Daun parsley (seledri) segar sesuai selera
2 batang daun bawang, iris tipis

Saus:

1 cup kecil plain Greek yogurt
1½ sdm sari lemon
¼ sdt garam
¼ sdt lada bubuk

Cara membuat:

Untuk membuat saus, campurkan yogurt dengan sari lemon, lada, dan garam. Aduk hingga rata dan sisihkan.
Siapkan air mendidih secukupnya untuk merebus daun kale utuh. Masak hingga layu sekitar 4 menit (daun masih terlihat hijau segar). Angkat dan tiriskan, letakkan di atas serbet.

Untuk isian: Panaskan minyak, bawang bombay, bawang putih, dan daun kale. Masak dengan api sedang. Tambahkan air sedikit-sedikit dan masak hingga sayuran lunak. Masukkan daging giling dan masak hingga matang. Masukkan nasi, parsley, daun bawang,lemon zest, sari lemon, garam, dan lada. Masak hingga tercampur rata.

Letakkan daun kale yang telah direbus pada posisi mendatar di atas talenan. Letakkan 2 sdm bahan isian di tengah daun. Lipat kedua sisi daun dan gulung hingga rapat/padat (seperti membuat risoles).
Sajikan dolmas kale dengan saus yogurt.

Demikianlah aneka resep kale yang bisa Ladies praktikkan. Mengolah kale menjadi makanan sehat itu mudah. Ladies bisa menjadikannya sebagai bagian menu harian dan dapatkan manfaat superfood kale agar tubuh tetap sehat.

Tags
Show More

Rohmah Rahmawati

A mom, wife, daughter and a life learner. Lives in Des Moines, Iowa USA.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close