Amazing! Ternyata Ini 9 Alasan Mengapa Harus Melepas Bra saat Tidur!

Halo, Smart Ladies!

Ada pendapat bahwa saat tidur seorang wanita haruslah tetap mengenakan bra supaya payudara tidak mengendur. Anggapan ini tidak benar karena secara alami payudara pasti akan mengendur juga seiring dengan bertambahnya usia. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan payudara mengendur, yakni: kehamilan, menyusui, merokok, faktor genetis, kenaikan atau penurunan berat badan yang drastis, serta aktivitas dengan tingkat intensitas tinggi.

Saat tidur adalah saat untuk mengistirahatkan tubuh dari segala aktivitas. Oleh karenanya, kita perlu memberikan ruang gerak untuk tubuh, salah satunya yaitu dengan tidur tanpa memakai bra.
Ternyata, melepas bra saat tidur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, loh!
Ini di antaranya:

1. Mudah dalam Bernafas

Manfaat tidur tanpa bra akan membuat sistem pernapasan menjadi lebih baik selama tidur. Ingatlah bahwa pernapasan saat tidur adalah hal penting sekaligus bisa menjadi fatal bila tidak diperhatikan.

2. Tidur Lebih Berkualitas

Tidur yang tidak berkualitas akan berakibat buruk pada kualitas produktivitas keesokan harinya. Tidur yang berkualitas membuat tubuh menjadi lebih sehat karena bisa memaksimalkan kinerja tubuh pada saat tidur yang terkait dengan imunitas, pertumbuhan, dan perkembangan tubuh.

3. Memperlancar Sirkulasi Darah

Sirkulasi darah akan menjadi lancar dan darah pun terdistribusi dengan baik sehingga akan dimiliki sistem peredaran darah yang lebih baik juga. Sirkulasi darah yang baik juga bisa menghindarkan kita dari efek negatif seperti pusing, varises, dan kram.

4. Mengurangi Iritasi

Menggunakan bra seharian bisa memicu timbulnya iritasi pada kulit yang disebabkan oleh bahan karet pada bra . Oleh karena itu, ketika tidur sebaiknya lepaskan bra agar memberikan ruang bagi kulit untuk bernapas dan mengurangi risiko iritasi .

5. Mencegah Infeksi

Manfaat tidur tanpa bra juga bisa berguna untuk menurunkan peluang infeksi akibat jamur dan bakteri. Ketika tidur tanpa bra, kulit menjadi lebih terbuka dan lebih bebas untuk bernapas.

6. Mencegah Kanker Payudara

Pemakaian bra lebih dari 12 jam berpotensi menyebabkan kanker payudara karena sirkulasi darah terganggu jika mengenakan bra dalam waktu lama. Oleh karena itu, tidur tanpa bra sangat baik untuk mencegah kanker payudara.

7. Mencegah Penyakit Oedema

Oedema adalah akumulasi cairan pada payudara yang menimbulkan pembengkakan. Apabila kita mengenakan bra yang terlalu ketat dalam waktu yang lama, akan menahan kelenjar getah bening yang dapat memicu munculnya penyakit.

8. Mencegah Timbulnya Benjolan

Ternyata munculnya benjolan seperti kista dapat muncul pada area tubuh mana saja, termasuk pada area payudara . Penggunaan bra yang ketat akan memicu peradangan dan sirkulasi payudara menjadi tidak lancar. Hal itulah yang akan menimbulkan benjolan meskipun sifatnya non-kanker.

9. Memperbaiki Sistem Limfatik

Sistem limfatik sangat penting bagi imunitas tubuh. Dengan tidur tanpa bra akan membuat aliran getah bening menjadi lancar dan sistem limfatik pun terjaga dalam kondisi baik-baik saja.

Nah, setelah mengetahui manfaat-manfaat di atas, jika masih tidur tanpa melepas bra, Ladies harus segera merubah kebiasaan ini.

Yuk, jaga kesehatan tubuh kita!

Related posts

Leave a Comment