Ahli Teknologi Laboratorium Medis, Profesi di Balik Penegakan Diagnosis Penyakit

Ahli Teknologi Laboratorium Medis, Profesi di Balik Penegakan Diagnosis Penyakit

Apa kabar, Smart Ladies?

Salah satu profesi kesehatan yang masih banyak orang tidak mengetahuinya. Berdasarkan survei   ketika melakukan sosialisasi tentang profesi Ahli Teknologi Laboratorium Medis (ATLM), saat ditanya tentang profesi apa saja yang bergerak di bidang kesehatan, jawabannya hampir seragam, yaitu dokter, bidan, perawat, dan apoteker. Hanya beberapa orang saja yang menjawab profesi ahli teknologi laboratorium medis atau yang dikenal dengan analis kesehatan.

ATLM

ATLM adalah profesi yang bertanggung jawab memberikan pelayanan kesehatan melalui pengujian laboratorium terhadap sampel pemeriksaan dari pasien. Sampel ini dapat berupa darah, urin, dahak, tinja, dan sampel lain yang diperoleh dari manusia. Pengujian laboratorium ini berlandaskan disiplin ilmu biomedis untuk menegakkan diagnosis penyakit. Pemeriksaan laboratorium ini juga bertujuan untuk memantau pengobatan serta untuk mencegah timbulnya penyakit.

Peranan ATLM dalam Penegakkan Diagnosis Penyakit

Smart Ladies, ATLM memegang peranan penting dalam pelayanan kesehatan melalui pelayanan laboratorium medis guna membantu penegakan diagnosis penyakit. Penegakan ini dilakukan dengan mengumpulkan informasi terkait penyakit dari sampel pemeriksaan pasien. Saat merasa badan kurang sehat, kita akan datang ke dokter untuk memeriksakan diri. Kemudian, dokter akan memeriksa dan menggali apa saja yang tubuh kita rasakan, seperti daerah yang terasa sakit, demam, atau gejala lain. Dari gejala itu, dokter akan memberikan pengantar ke laboratorium untuk melakukan pemeriksaan laboratorium di bidang hematologi, kimia klinik, imunoserologi, bakteriologi, virologi, parasitologi, mikologi, toksikologi klinik, dan patologi anatomi.

Diagnosis Dokter Berdasarkan Hasil Pemeriksaan ATLM

Di laboratorium ATLM akan bertindak sesuai dengan pengantar dari dokter. Contohnya, pada penegakan diagnosis penyakit tuberkulosis paru. Dokter akan memberikan pengantar untuk pemeriksaan dahak. Dari pengantar itu, ATLM akan meminta pasien untuk mengumpulkan dahak pada pot yang disediakan. Sampel dahak pasien itu menjadi sangat berharga karena dapat memberikan informasi kesehatan pasien. ATLM akan melakukan pengamatan terhadap dahak menggunakan mikroskop yang telah dibuat preparat. Pemeriksaan ini untuk mengonfirmasi adanya bakteri penyebab penyakit tuberkulosis paru. Langkah selanjutnya, dokter akan menentukan penyakit yang diderita pasien berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan laboratorium, serta akan diberikan tindakan untuk penyembuhan dan mengembalikan kondisi kesehatan pasien.

So ladies, ATLM memiliki peranan penting dalam penegakan diagnosis penyakit. Tanpa ATLM, seorang dokter tidak dapat memastikan diagnosa penyakit yang diderita pasiennya.

ida basarang
contributor

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

72 + = 74